Sukses

Kini Giliran Oli Ramah Lingkungan

Setelah dunia sibuk dengan penelitian bahan bakar ramah lingkungan, kini penelitian oli ramah lingkungan juga mulai dikembangkan.

Liputan6.com, Huelva: Setelah dunia sibuk dengan penelitian bahan bakar ramah lingkungan, kini penelitian tentang oli ramah lingkungan juga mulai dikembangkan. Baru-baru ini, para peneliti dari Universitas Huelva, Spanyol mengembangkan sebuah pelumas yang berasal dari minyak ricin dan turunan selulosa. Pelumas ini diklaim tidak mengandung unsur yang kerap digunakan dalam industri oli konvensional.

Selama ini pelumas yang beredar di pasaran terbuat dari komponen yang tak dapat diurai lingkungan, seperti bahan turunan minyak dan minyak sintetis. Dampaknya tentu sangat merugikan bagi lingkungan. Karena bahan tersebut akan menjadi polutan bagi kehidupan manusia. Penemuan oli ramah lingkungan ini tentunya dapat menjadi jawaban atas tantangan yang banyak dihadapi alam. Beberapa keunggulan pun siap ditawarkan mulai dari ketahan suhu yang cukup baik hingga kekentalan yang tak mudah turun drastis.

Meski ilmuwan mengakui memerlukan beberapa penyempurnaan, tapi produk pelumas berbasis turunan selulosa ini, tidak hanya ramah lingkungan, namun juga mudah diproses. Dengan kondisi itu, harga oli ini saat dipasarkan akan lebih ekonomis dibanding oli konvensional.(AND/Science Daily)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.