Sukses

Honda Genjot Komersialisasi FCX Clarity

Honda Motor Co akan mengenjot komersialisasi FCX Clarity dengan meningkatkan target penjualan dengan sistem sewa kendaraan hibrida fuel-cell tersebut. Saat ini hanya 10 FCX Clarity yang bersliweran di Amerika Serikat dan Jepang.

Liputan6.com, Tokyo: Meskipun menghadapi tantangan berat, Honda Motor Co akan mengenjot komersialisasi FCX Clarity dengan meningkatkan target penjualan dengan sistem sewa kendaraan hibrida fuel-cell tersebut. Setelah lebih dari satu tahun diluncurkan, saat ini hanya 10 FCX Clarity yang bersliweran di Amerika Serikat dan Jepang.

Pabrikan mobil terbesar kedua di Jepang itu menargetkan penjualan sekitar 200 mobil dalam tiga tahun ke depan di kedua negara tersebut. Honda juga menargetkan mobil tersebut siap dijual di dealer pada 2015 mendatang. "Kami ingin mencapai target (200 mobil). Ini mimpi saya sendiri untuk membuat kendaraan fuel-sel bagi pengendara biasa. Saya ingin membuat generasi mobil fuel-cel dimulai sedini mungkin," ujar Sachito Fujimoto, kepala manajer proyek FCX Clarity seperti dikutip Reuters, Selasa (8/9).

Kendaraan fuel-sel disebut-sebut sebagai alternatif utama jangka panjang untuk mobil konvensional. Di antara pembuat mobil, Honda dan saingannya Toyota Motor Corp adalah perusahaan otomotif pertama di dunia yang mengenalkan kendaraan fuel-cel yang digerakkan oleh listrik yang diperoleh dari reaksi kimia hidrogen pada Desember 2002.

Saat ini, sedan sporty tersebut masih jauh dari produksi massal sebagai kunci untuk mendorong harga lebih rendah. "Namun, tantangan utama adalah bagaimana meningkatkan produktivitas, khususnya untuk membangun bagian inti dan fuel-sel adalah bagian paling sulit menuju ke arah komersialisasi,"  ujarnya.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.