Sukses

Ford Kenalkan C-Max Compact Akhir 2011

Lagi-lagi Ford akan meminjam desain Eropa untuk memperkenalkan mobil sedan compact barunya ke pasar Amerika Utara. C-Max dengan tujuh kursi ini akan mulai bertengger di ruang-ruang pameran AS mulai akhir 2011.

Liputan6.com, Michigan: Lagi-lagi perusahaan otomotif Ford Motor Co akan meminjam desain Eropa untuk memperkenalkan mobil sedan compact barunya ke pasar Amerika Utara. Mobil C-Max dengan tujuh kursi ini akan mulai bertengger di ruang pameran Amerika Serikat mulai akhir 2011. Demikian diumumkan Ford di acara pers pameran otomotif Frankfurt Motor Show, Frankfurt, Jerman, Selasa (15/9), seperti diwartakan The Wall Street Journal. Kendati demikian, Ford membantah bahwa C-Max akan diproduksi di AS.

Ini adalah kali keempat Ford berkiblat ke Eropa untuk ide-ide desain mobil Amerika Utaranya. Ford Focus yang dibuat lebih baru, Focus hatchback, Transit Connect dan Ford Fiesta adalah beberapa contoh dari model mobil yang mengikuti jejak nenek moyangnya hingga pasar Eropa. Transit Connect tersedia di AS, sementara Focus dan Fiesta baru akan dipamerkan pada 2010.

Chief Executive Officer (CEO) Ford, Alan Mulally mempertaruhkan reputasinya dan masa depan keuangan perusahaan pada keyakinan bahwa desain mobil dengan beberapa kekurangan kecil itu akan bisa menembus pasar dunia. "Desain kini tak lagi tetap tersegmentasi berdasarkan pada daerah tertentu," katanya. Jika Mulally benar, maka Ford dapat mempercepat pengenalan kendaraan baru itu.

C-Max yang memiliki keunggulan pada pintu geser ganda dan kursi lipatnya, bisa saja menjadi ancaman terbesar bagi minivan keluaran perusahaan otomotif Chrysler Group, LLC yang telah lama populer. Selain itu, Ford juga berencana untuk meluncurkan sebanyak 10 model atau dua juta kendaraan per tahun, yang berlandaskan C-Max. C-Max untuk pasar Eropa akan diproduksi di pabrik Ford di Valencia, Spanyol, dengan perkiraan harga sebesar 23 ribu dolar AS atau sekitar Rp 230 juta. Namun untuk mobil sekecil ini, harga itu terlalu mahal untuk diberlakukan di AS.(VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini