Sukses

Raksasa Mobil Rusia Avtovaz Pangkas 27.600 Pekerja

Alasan pemecatan puluhan ribu pekerja lantaran perusahaan mengalami kesulitan dengan penjualan merosot akibat dampak dari krisis ekonomi global.

Liputan6.com, Moskow: Raksasa mobil Rusia, Avtovaz, akan memangkas puluhan ribu pekerja. Alasan pemecatan lantaran perusahaan mengalami kesulitan dengan penjualan merosot akibat dampak dari krisis ekonomi global. "Hari ini (24/9), 102 ribu orang bekerja di Avtovaz. Sebuah jumlah yang tidak dapat menjamin efektif dan menguntungkan produksi. Karena itu kami telah sepakat untuk mengurangi 27.600 orang," kata pihak Avtovaz dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir ANTARA.

Pemangkasan mencakup hampir sepertiga tenaga kerja di perusahaan yang 25 persen saham dimiliki Renault asal Prancis. Sebelumnya, para pembuat ikon mobil Lada dilaporkan akan mempertimbangkan pengurangan sebanyak 36.000 karyawan. Tapi, manajemen perusahaan dapat menekan secara signifikan hingga pada angka awal rencana pemutusan hubungan kerja atau PHK.

"Secara keseluruhan, tidak lebih dari 27.600 karyawan akan di-PHK," kata pihak Avtovaz. Dijelaskan pula, angka ini termasuk pemotongan 5.000 pekerja kerah putih yang diumumkan pekan silam.

Rusia memiliki pasar mobil dengan pertumbuhan tercepat di Eropa sampai tahun lalu. Namun, kemudian mengalami krisis karena permintaan domestik menurun. Dengan jumlah besar stok tidak terjual, Avtovaz telah menghentikan produksi sebulan setelah krisis menghantam pangsa pasar yang sudah di bawah tekanan dari persaingan impor. Adapun raksasa mobil Rusia ini didirikan atas kerja sama dengan Fiat asal Italia di era Uni Soviet.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini