Sukses

Laba Tata Motors Naik Dua Kali Lipat

Tata Motors meraih keuntungan lebih dari dua kali lipat di pasar India pada kuartal ketiga tahun ini. Laba bersih selama tiga bulan sampai September mencapai 7,29 miliar rupee (156 juta dolar AS).

Liputan6.com, New Delhi: Produsen kendaraan asal India, Tata Motors, menyatakan mereka meraih keuntungan lebih dari dua kali lipat di pasar India pada kuartal ketiga tahun ini. Prestasi ini didukung oleh penjualan Nano dan merek asing yang dipegang Tata.

Laba bersih selama tiga bulan sampai September mencapai 7,29 miliar rupee atau sekitar 156 juta dolar AS. Pada tahun lalu, Tata hanya meraih laba 3,47 miliar rupee.

Keuntungan itu jauh melebihi angka perkiraan 10 analis yang disurvei oleh Dow Jones Newswires yang rata-rata mengatakan hanya 4,0 miliar rupee. Penjualan bersih naik sekitar 13 persen menjadi 79,24 miliar rupee. "Kebangkitan kembali kegiatan industri dan perbaikan likuiditas yang digabungkan dengan pengenalan produk dan varian baru telah meningkatkan penjualan perusahaan di pasar domestik," kata Tata seperti dikutip ANTARA, Selasa (27/10).

Penjualan kendaraan penumpang di India, termasuk merek Jaguar dan Land Rover, yang diperoleh Tata tahun lalu, tumbuh sebesar 27,3 persen menjadi 60.917 unit. "Perusahaan mulai pengiriman Jaguar dan Land Rover yang mendapat respon menggembirakan dari pasar," katanya.

Angka penjualan, termasuk penjualan kendaraan yang diproduksi Fiat dari Italia, yang bersama Tata memiliki usaha patungan untuk penjualan dan distribusi di India.

Tata juga memulai pengiriman pertama Tata Nano, mobil penumpang termurah di dunia, dengan mengirimkan 7.506 unit dari pabriknya di Uttarakhand di utara India. Pangsa pasar kendaraan penumpang Tata di India selama periode itu bertahan di kisaran 11,6 persen.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini