Sukses

VW Memproduksi Mobil di India

Untuk pertama kalinya Volkswagen membangun pabrik dan memproduksi mobil Volkswagen Polo di India.

Liputan6.com, Mumbai: Volkswagen memulai produksi pertamanya untuk mobil yang berukuran kecil (Polo) di India, Sabtu kemarin. Anggota dewan Grup Volkswagen Jochem Heizmann seperti dilansir AP belum lama ini, mengatakan, "Tujuan kami adalah mencapai pangsa pasar sebanyak 8 sampai 10 persen dalam empat hingga enam tahun, dengan tiga merek Grup Volkswagen yaitu Audi, Skoda, dan Volkswagen."

Pabrik Volkswagen Polo yang terletak di Pune ini dibuka pada awal tahun 2009. Hal tersebut merupakan bagian dari investasi sebesar 580 juta euros ($ 846,8 juta). VW mengatakan "elemen kunci" dalam strategi india. Pabrik dapat memproduksi sampai 110.000 mobil per tahun, dan akan digunakan untuk memproduksi Skoda Fabia, Polo dan sebuah sedan yang akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan.

Polo telah diluncurkan pada bulan Mei di Eropa dan kini permintaan terhadap Polo mencapai 130.000, namun hingga kini harga Polo belum diumumkan. Volkswagen juga membeli 20 persen saham Maruti Suzuki, anak perusahaan Suzuki di India yang menjual satu dari dua mobil di India.

Perusahaan mobil global seperti Volkswagen, General Motors, Ford dan Nissan sedang berusaha untuk memikat selera konsumen India yang terbiasa dengan mobil murah berukuran kecil. Agar rencana itu dapat terwujud, mereka harus memproduksi mobil di India, sehingga terhindar dari pajak impor yang mahal dan menjaga biaya produksi tetap kompetitif. Tujuannya untuk meningkatkan lokalisasi hingga 80 persen dari total produksi sekarang dari 50 persen.(AST/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.