Sukses

Toyota Targetkan Jual 8,27 Juta Kendaraan

Toyota Motor Corp, menargetkan peningkatan penjualan armada kendaraannya hingga enam persen atau sekitar 8,27 juta untuktahun 2010.

Liputan6.com, Tokyo: Tahun ini, Toyota mengatakan pihaknya berencana untuk menjual 8,27 juta kendaraan atau naik hingga enam persen dari tahun sebelumnya di seluruh dunia, demikian dilansir Associated Press, Selasa (26/1). Tahun 2009, Toyota Motor Corp hanya menjual 7,81 juta kendaraannya diseluruh dunia atau turun 13 persen dari tahun sebelumnya.

Sebelum krisis global melanda, Toyota nyaris tidak terbendung. Namun krisis akhirnya memukul perusahaan pembuatan mobil terbanyak di dunia ini. Pada tahun 2010, penjualan di Jepang diharapkan tumbuh 7 persen menjadi 2,13 juta kendaraan, sementara penjualan di luar negeri diharapkan tumbuh 6 persen menjadi 6,14 juta, menurut Toyota.

Presiden Toyota, Akio Toyoda, cucu dari pendiri perusahaan, yang menjabat sejak tahun lalu, menekankan untuk mengatasi krisis, perusahaan perlu membuat mobil menarik. Dalam beberapa tahun terakhir, Toyota telah agresif membuat truk kecil, dan kendaraan besar yang memberikan keuntungan baik di pasar Amerika Utara. Sedangkan pesaing mereka, Honda Motor Co memilih untuk tetap berpegang pada model kecil, untuk menghindari kerugian besar seperti Toyota dalam dua fiskal tahun terakhir.

Seperti pembuat mobil Jepang lainnya, Toyota juga telah mengubah fokusnya ke pasar China dan negara Asia lainnya yang pasarnya terus tumbuh dengan baik. Sedangkan sebagian besar penjualan di AS dan Jepang telah mengalami stagnan meskipun sudah ada beberapa tanda-tanda pemulihan.

Toyota mengharapkan untuk menjual lebih dari 800.000 kendaraan di China tahun ini, naik 13 persen dari tahun lalu, dan 62.000 kendaraan di India, naik 12 persen. Toyota juga mengharapkan pemulihkan penjualan di Amerika Utara yakni 2,19 juta kendaraan atau naik 11 persen.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.