Sukses

Toyota Menyesal Atas Ketidaknyamanan Pelanggan

Presiden Toyota meminta maaf kepada konsumennya, sehubungan dengan masalah pedal gas yang menyebabkan jutaan mobil Toyota ditarik.

Liputan6.com, Davos: Setelah gencarnya penarikan jutaan mobil Toyota di Amerika dan Eropa akhir-akhir ini, Presiden Toyota pada Jumat (29/1), angkat bicara. Seperti dilansir CNN, Jumat (29/1), Aiko Toyoda, Presiden Toyota, meminta maaf terkait masalah pedal gas yang bermasalah pada produk mobilnya. Ia mengatakan pada kantor berita NHK, "Kami sangat menyesal telah membuat pelanggan tidak nyaman. Kami akan memperbaiki, memberikan penjelasan, dan mengembalikan kepercayaan konsumen sesegera mungkin.

Penarikan mobil Toyota dilakukan untuk mengganti pedal gas yang sudah lama dengan yang baru. Sebanyak 2,3 juta mobil Toyota di Amerika dan 1,8 juta di Eropa ditarik. Seorang juru bicara Toyota mengatakan, perusahaan perlu mendapatkan persetujuan regulasi untuk usulan perbaikan mobil di Amerika Serikat dan di Eropa, sebelum perbaikan dilakukan.

Prediksi penjualan di situs Edmunds.com mengatakan, penghentian penjualan dan produksi perusahaan raksasa otomotif ini, akan menyebabkan penjualan bulan ini jatuh 12 persen, dibandingkan Januari 2009. Para rival Toyota berharap penjualan di tahun ini akan lebih tinggi dibanding tahun lalu dan mengalahkan Toyota. Ford, General Motors, dan produsen mobil lain niscaya memanfaatkan masalah yang dihadapi Toyota.

Setelah perbaikan pedal gas, kemungkinan Toyota mengalami kesulitan dalam mendapatkan kembali pangsa pasar. Kerugian dalam pangsa pasar tahun ini akan menjadi yang pertama dialami Toyota sejak 1994.(AST/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.