Sukses

Nissan dan Renault Resmikan Pabrik di India

Perusahaan otomotif asal Jepang, Nissan dan Perancis, Renault bergabung membuka pabrik baru di Chennai, di wilayah selatan India menambah persaingan ketat penjualan mobil yang tahun lalu mencapai 1,8 juta kendaraan.

Liputan6.com, New Delhi: Perusahaan otomotif asal Jepang, Nissan dan Perancis, Renault bergabung membuka pabrik baru di Chennai, di wilayah selatan India. Demikian rilis Associated Press, Rabu (17/3). Dalam upacara pembukaan Direktur eksekutif Nissan-Renault, Carlos Ghosn, mengungkapkan keyakinannya menambah angka penjualan di India berpenduduk 1,1 miliar orang.

Ghosn menambahkan berkomitmen menumbuhkan perekonomian India dalam bidang transportasi, yang tahun lalu mencatat penjualan lebih dari 1,8 juta kendaraan. Selama ini, Ghosn mengatakan, penjualan Nissan di negeri Bolywood setiap tahunnya mencapai sekitar 200 hingga 500 mobil.

Sementara sumber Associated Press menyebutkan pabrik gabungan bernilai AS $ 990 Juta atau sekitar Rp 9,9 Triliun diklaim dapat memproduksi lebih dari 400.000 kendaraan tahun 2015. Direncanakan mobil sub kompak Nissan, Mikra dimulai Mei ini diluncurkan dengan menyerap sekitar 1.500 tenaga kerja. Sedangkan produksi Renault, mobil Koleos dan Fluence dijadwalkan mulai diproduksi 2011 nanti.

Selain itu Renault dan Nissan juga berencana bekerjasama dengan perusahaan otomotif Bajaj India memproduksi mobil super murah, menyaingi mobil Nano produksi perusahaan otomotif Tata Motor, sehingga dapat terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan menengah.

Kehadiran Nissan dan renault diperkiraka menambah persaingan ketat dengan perusahaan mobil Jepang yang sudah ada sebelumnya seperti Suzuki, Honda dan Toyota.(AYB) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini