Sukses

Geely Resmi Beli Volvo

Produsen mobil Cina Zhejiang Geely Holding resmi menandatangani pembelian unit mobil Volvo seharga 1,8 miliar dolar Amerika, Minggu (28/3). Transaksi ini memperkuat pijakan produsen otomotif Cina di pasar Eropa.

Liputan6.com, Zhejiang: Produsen mobil Cina Zhejiang Geely Holding akhirnya resmi menandatangani kesepakatan untuk membeli unit mobil Volvo dari Ford Motor senilai 1,8 miliar dolar Amerika, Minggu (28/3). Zhejiang Geely Holding adalah sebuah perusahaan yang berbasis di provinsi Zhejiang, Cina timur. Ini adalah transaksi paling besar yang pernah dilakukan oleh sebuah perusahaan Cina untuk membeli produsen mobil asing.

Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina Li Yizhong turut menghadiri upacara penandatanganan di Goteborg, Swedia Minggu (28/3). Kehadirannya menunjukkan keseriusan pemerintah Cina untuk bisa memiliki produsen otomotif asal Swedia itu.

Selama lebih dari sepuluh tahun, Geely menjadi produsen mobil Cina. Di tengah pesatnya pertumbuhan pasar Cina, perusahaan terus meningkatkan penjualan kendaraan yang kebanyakan adalah kendaraan kecil dengan harga murah.

Setelah pembelian Volvo, Geely berharap dapat memajukan teknologi, dan menjaga merek Volvo selalu hidup. Geely juga berencana untuk membangun pabrik Volvo di Cina dan memperluas penjualannya di negara ini.

Selain Geely, perusahaan mobil Cina lainnya, Beijing Automotive Industry Holding, Desember lalu menyetujui pembelian beberapa aset Saab, produsen mobil AS General Motors di Swedia yang mengalami kebangkrutan.(RST)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini