Sukses

Toyota Berencana Hentikan Produksinya di Cina

Toyota Motor Jepang, menyatakan, kemungkinan menghentikan produksinya di sebuah pabrik rakitan utama di Cina pada Kamis (17/6). tindakan ini dilakukan, menyusul pemogokan terjadi pada beberapa pemasok suku cadang di negeri Tirai bambu tersebut.

Liputan6, Tokyo: Toyota Motor Jepang, menyatakan, kemungkinan menghentikan produksinya di sebuah pabrik rakitan utama di Cina pada Kamis (17/6). tindakan ini dilakukan, menyusul  pemogokan terjadi pada beberapa pemasok suku cadang di negeri Tirai bambu tersebut.

Raksasa industri mobil terbesar dunia itu mengatakan bahwa pabrik rakitannya di Tianjin mungkin terpaksa dihentikan produksinya karena kekurangan suku cadang sebagai akibat dari aksi pemogokan, demikian Asahi Shimbun, mengutip sumber Toyota yang tidak disebutkan namanya. Para pemasok, yang berada sama di kawasan itu seperti pabrik Toyota dan memproduksi suku cadang pintu untuk mobil-mobil Toyota ukuran kecil, dilaporkan berhenti beroperasi Selasa (8/6), surat kabar itu mengatakan tanpa menyebutkan nama pabriknya. Seorang juru bicara Toyota yang menolak menyebutkan namanya mengatakan bahwa perusahaan itu sedang melakukan investigasi situasi.

Tidak hanya Toyota, rivalnya Honda juga telah dilanda serangkaian pemogokan di China, bagian dari gelombang keresahan para pekerja yang menyampaikan komplain seputar upah yang rendah serta waktu yang panjang bagi jutaan pekerja migran. (Ant/AFP)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini