Sukses

Toyota Operasikan Kembali Pabriknya di Cina

Toyota Motor Corporation, Jumat (25/6) mengumumkan akan membuka kembali pabrik perakitan kendaraan di Cina, Senin (28/6). Kembali beroperasinya pabrik Toyota di Guangdong itu menyusul dicapainya kesepakatan antara Denso - pabrikan pemasok komponen Toyota - dengan para pekerja.

Liputan6.com, Hongkong: Toyota Motor Corporation, Jumat (25/6) mengumumkan akan membuka kembali pabrik perakitan kendaraan di Cina, Senin (28/6). Kembali beroperasinya pabrik Toyota di Guangdong itu menyusul dicapainya kesepakatan antara Denso - pabrikan pemasok komponen Toyota - dengan para pekerja.

Sebenarnya para pekerja di pabrik ini sudah mulai bekerja penuh pada Jumat (25/6) ini. Pihak Denso dan pekerja telah menyepakati perjanjian upah yang sesuai.Menurut para pekerja, Denso telah menyanggupi untuk menaikkan upah mereka sebesar 800 - 900 yuan sekitar Rp 1,06 - Rp 1,19 juta per bulan. Saat ini upah mereka berkisar Rp 1,46 - Rp 1,72 juta setiap bulannya.

Sebelumnya, Denso telah menghentikan pasokan piranti injektor bahan bakar ke sejumlah pabrikan otomotif, diantaranya Toyota dan Honda Motor menyusul aksi mogok para pekerja yang menuntut kenaikkan upah dan tunjangan lain. Aksi ini dimulai sejak Senin (21/6). Denso merupakan perusahaan terbesar dari 100 perusahaan pemasok komponen otomotif dunia.(Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.