Sukses

Twizy, Mobil Listrik Mini dari Renault

Produsen mobil Perancis, Renault, mengumumkan mobil listrik mininya "Twizy" akan dijual di Eropa pada akhir tahun depan. Harga yang disodorkan tidak jauh berbeda dengan skuter roda tiga.

Liputan6.com, Paris: Produsen mobil Perancis, Renault, mengumumkan mobil listrik mininya "Twizy" akan dijual di Eropa pada akhir tahun depan. Harga yang disodorkan tidak jauh berbeda dengan skuter roda tiga.

Twizy, bagian dari ZE Renault, merupakan mobil listrik yang bentuknya tidak lebih besar dari skuter, dengan panjang 91 inci dan berat hanya di bawah 500 kilogram. Konsep mobil ini sebelumnya sudah diluncurkan di Frankfurt Auto Show 2009 lalu.

Untuk kursi pengendara dan penumpang Twizy didesain seperti skuter, tapi memiliki empat roda, roda kemudi, pedal dan bodywork tertutup untuk melindungi pemakai dari elemen UV.

Mobil ini dilengkapi motor listrik 15 KW dan memiliki kecepatan tertinggi 47 kilometer per jam serta dapat mencapai 60 mil. Mobil ini sudah dilengkapi juga dengan fitur pengisi daya terintegrasi yang memungkinkan baterai yang akan dikenakan dari outlet di pinggir jalan. Twizy bisa diisi penuh selama 3,5 jam.

Twizy rencananya akan diproduksi di pabrik Renault di Valladolid, Spanyol. Untuk pelanggan di Eropa dapat memesan mobil ini dengan pre-order online. (insideline/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.