Sukses

Indonesia Siap Jadi Basis Otomotif

Kondisi sosial, politik, dan ekonomi Indonesia sebenarnya tak kalah bila dibandingkan Thailand. Ini membuat Indonesia seharusnya lebih siap menjadi basis otomotif dibanding negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Indonesia siap bersaing dengan Thailand sebagai basis produksi otomotif. Kesiapan ini disampaikan Presiden Direktur PT Astra Internasional Prijono Sugiarto, baru-baru ini, di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Prijono, dibandingkan Thailand, Indonesia sebenarnya jauh lebih baik dalam kondisi sosial, politik, dan ekonomi. Suku bunga acuan Bank Indonesia juga tergolong kondusif untuk sektor otomotif, yakni level 6,5 basis poin. "Pada dasarnya masing-masing perusahaan otomotif di luar negeri sudah mempunyai cetak biru dan rencana tentang negara mana yang akan digunakan sebagai basis produksi," kata Prijono.

Prijono menambahkan, Indonesia sebenarnya memiliki industri penunjang yang sama dengan Thailand. Namun, dahulu banyak perusahaan otomotif membangun basis produksi di Thailand. Ini terjadi karena mereka melihat situasi kondisi sosial dan politik di sana yang dianggap relatif stabil dibandingkan Indonesia. "Kini kondisinya justru sebaliknya. Indonesia jauh lebih stabil ketimbang Thailand," kata Prijono.

Selain itu, Indonesia saat ini menjadi salah satu lowest cost producer in the world. "Kita percaya kita pasti mampu, dan saat ini adalah saat yang paling baik untuk membuktikan market Indonesia itu baik, khususnya untuk sektor otomotif," kata Prijono.(ULF/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini