Sukses

Cina Terapkan Pajak Tinggi Untuk Mobil Emisi Tinggi

Cina akan menerapkan pajak yang tiinggi untuk mobil beremisi tinggi. Ini merupakan bagian dari dukungan pemerintah pada program "Go Green".

Liputan6.com, Beijing: "Go Green", sebutan ini tampaknya semakin merakyat. Bukan hanya di negara-negara Eropa yang sudah maju, tetapi juga di Asia seperti di Cina. Seperti dilansir kentor berita Xinhua, Pemerintah Cina menyatakan ikut mendukung gerakan "Go Green" ini. Salah satu bukti dukungan itu adalah apabila penduduk memiliki mobil beremisi tinggi maka akan dikenakan pajak yang tinggi

Dalam Rancangan Undang-undang yang dibuat, mobil kecil dengan mesin di bawah 1,6 liter, akan dikenakan pajak 720 yuan per tahun atau sekitar Rp961 ribuan. Sedangkan mobil di bawah 2,0 liter akan dikenakan pajak sebesar 1.200 yuan per tahun atau sekitar Rp1.602.000. Tentu saja untuk mobil dengan emisi tinggi, pajaknya pun akan semakin melambung.

Salah satu dealer mobil di Beijing beranggapan, dengan adanya undang-undang baru yang dibuat pemerintah, mendongkrak penjualan mobil beremisi rendah. Sedangkan, para ahli mengatakan kebijakan baru merupakan bukti dari upaya pemerintah untuk lebih menahan emisi yang semakin tinggi.  (Xinhua/DES/MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.