Sukses

Korsel Siap Bersaing di Pasar Mobil Listrik

Hyundai rencananya akan meluncurkan sedan Sonata hybrid di Korea Selatan pada Mei mendatang. Kia juga akan mengeluarkan Optima Hybrid pada bulan yang sama.

Liputan6.com, Seoul: Hyundai Motor Co., pabrikan otomotif kelima terbesar di dunia, bekerja sama dengan Kia Motors Corp berencana memproduksi sedan Sonata versi plug-in hybrid secara massal pada 2013. Hyundai telah menyelesaikan pengembangan mobil hybrid plug-in dan telah menguji coba purnarupa atau protipenya. Demikian dilansir surat kabar Korea Selatan Chosun Ilbo seperti dikutip Reuters, awal pekan ini.

p>Juru bicara Hyundai mengatakan perusahaan itu berencana mengeluarkan satu model listrik pada 2013. Namun, dia tidak merinci model yang akan dirilis tersebut.

Yang jelas, kendaraan berteknologi plug-in hybrid bisa mengisi ulang baterai menggunakan aliran listrik biasa. Ini jelas berbeda dari mobil hybrid konvensional yang akan mengisi ulang baterainya hanya jika pengemudinya menginjak rem.

Hyundai dan Kia dikenal lamban dalam perlombaan mobil listrik karena mereka fokus pada mobil hemat bahan bakar. General Motors Co sebelumnya telah memperkenalkan hybrid Volt. Sedangkan Toyota berencana meluncurkan mobil serupa pada 2011 dan Honda pada 2012.

Hyundai rencananya akan meluncurkan sedan Sonata hybrid di Korea Selatan pada Mei mendatang. Kia juga akan mengeluarkan Optima Hybrid pada bulan yang sama.

"Ada beberapa halangan untuk mengeluarkan mobil listrik murni karena pendeknya jarak tempuh dan kurangnya fasilitas pengisian kembali," demikian keterangan pejabat Hyundai seperti dikutip Chosun Ilbo.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini