Sukses

Pakai Mobil Baru Rawan Kena Flu

Hati-hati jika menggunakan mobil baru! Sebuah penelitian menemukan pengguna mobil baru ternyata lebih rentan terkena flu dibanding dengan pengguna mobil tua.

Liputan6.com, Sydney: Hati-hati jika menggunakan mobil baru! Sebuah penelitian menemukan pengguna mobil baru ternyata lebih rentan terkena flu dibanding dengan pengguna mobil tua.

Para peneliti menemukan bahwa rusaknya sekat karet pada mobil tua membuat banyak partikel udara yang mengandung virus keluar dari kendaraan. Tidak seperti mobil baru yang masih ada sekat karet dan menahan udara tetap di dalam

Penelitian ini telah dipresentasikan pada Pertemuan Ilmiah Tahunan ahli paru-paru di Perth.

Dr Scott Bell, Director of Thoracic Medicine di Rumah Sakit Pangeran Charles di Brisbane, mengatakan peneliti mengeksplorasi pertukaran udara di dua mobil, yakni hatchback yang populer, salah satunya model 1989 dan yang lain tahun 2005, keduanya dengan jendela tertutup.

Dia kemudian mengatakan model dengan sekat karet menghambat polusi ke luar ruangan sehingga lebih cenderung mengandung partikel udara yang dapat menginfeksi penumpang.

"Sederhana saja, jika Anda bepergian selama sekitar 90 menit di dalam mobil yang relatif modern dengan sirkulasi udara yang rendah, Anda hampir pasti menangkap influenza dari penumpang lain yang terinfeksi.

"Pesan utama adalah bahwa orang yang berisiko tinggi harus hati-hati dengan penumpang yang menderita influenze,"katanya.

Dr Bell mengatakan ancaman flu sebenarnya dapat dikurangi. Pengguna mobil baru hendaknya membuka setengah jendela sehingga partikel udara yang terinfeksi tersedot keluar.(Drive.com.au/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini