Sukses

Laba Bersih Honda Turun 38,3 Persen

Penurunan laba ini lantaran adanya pengeluaran biaya terkait gempa dahsyat dan tsunami pada 11 Maret lalu, serta menguatnya yen.

Liputan6.com, Tokyo: Raksasa mobil Jepang Honda mencatat penurunan keuntungan bersih untuk kuartal keempat yang berakhir Maret lalu sebesar 38,3 persen dibanding setahun lalu. Penurunan laba ini lantaran adanya pengeluaran biaya terkait gempa dahsyat dan tsunami pada 11 Maret lalu, serta menguatnya yen. "Keuntungan bersih untuk kuartal empat mencapai 44,5 miliar yen (536 juta dolar AS)," kata juru bicara raksasa mobil tersebut, Kamis (28/4).

Keuntungan bersih yang diraih pada 2010-2011 mencapai 534,1 miliar yen. Namun, industri pembuat mobil itu tidak memberikan prediksi untuk tahun berjalan. Honda mengaku masih merasakan dampak dari bencana mematikan 11 Maret lalu terhadap produksi.

Yang jelas, Honda terpaksa untuk sementara menangguhkan produksi pada pabrik Jepang-nya. Ini mengingat bencana alam dan tsunami telah mengganggu pasokan komponen krusial di tengah krisis suku cadang. Pihak Honda mengungkapkan, bencana mengakibatkan kerugian yang dicatat mencapai sekitar 45,7 miliar yen.

Sementara itu, Mazda Motor Jepang mencatat kerugian bersih dalam kuartal empat lantaran menguatnya yen, melemahnya penjualan dan dampak bencana alam dan tsunami pad bulan lalu. Industri pembuat mobil terbesar kelima Jepang itu mencatat volume kerugian bersih 62,8 miliar yen (763 juta dolar AS) pada tiga bulan yang berakhir 31 Maret, dibanding dengan keuntungan bersih 9,9 miliar yen pada kuartal sama tahun lalu.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.