Sukses

Kotoran Burung Membuat Cat Mobil Pudar

Sinar matahari selalu membuat kita dalam dilema untuk memutuskan letak parkir. Mobil yang dibiarkan bermandikan panas matahari akan membuat hawa di dalam kendaraan sangat panas

Liputan6.com, Jakarta: Sinar matahari selalu membuat kita dalam dilema untuk memutuskan letak parkir.  Mobil yang dibiarkan bermandikan panas matahari akan membuat hawa di dalam kendaraan sangat panas. Biasanya pilihan kita adalah memarkir mobil di bawah pohon. Namun, tanpa kita sadari ada risiko  cat mobil akan kena kotoran burung. Kesal kan? apalagi jika mobil baru dicuci.

Zat asam dari kotoran burung memang bisa mengurangi kemulusan cat, namun studi dari perusahaan perawatan kendaraan asal Inggris, Autoglym, mengungkapkan bahwa yang paling merusak adalah kombinasi kotoran burung dan panas matahari.

Kotoran yang jatuh ke cat, akan mengeras jika terpapar sinar matahari. Saat bersamaan, cat akan memuai. Saat matahari meredup dan kendaraan mulai berkurang panasnya, cat berkontraksi dan mengeras di sekeliling kotoran burung.

Tips untuk menghindari pudarnya kinclong akibat kotoran burung ternyata gampang. Jika ada kotoran burung menclok di cat mobil, jangan menunda dan segera bersihkan dengan lap basah. Semakin lama kotoran burung bertengger dan terus menerus terpapar sinar matahari, semakin sulit dibersihkan dan cat mobil anda semakin pudar. (Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.