Sukses

November, Toyota Kembali Berproduksi Normal

Presiden Toyota Motors menyatakan harapannya agar perusahaan penghasil kendaraan roda empat itu bisa kembali berproduksi penuh secara global pada November mendatang.

Liputan6.com, Seoul: Presiden Toyota Motors menyatakan harapannya agar perusahaan penghasil kendaraan roda empat itu bisa kembali berproduksi penuh secara global pada November mendatang. Ia juga berharap Toyota Jepang bisa kembali pulih hingga 90 persen pada Juni.

"Kami akan memulihkan produksi pada kecepatan penuh," kata Presiden Toyota, Akio Toyota, dalam kunjungannya ke Seoul, Korea Selatan, seperti dikutip Antara, Senin (6/6). Produksi otomotif Jepang memang anjlok setelah negara itu dihantam bencana gempa bumi yang disusul gelombang tsunami dahsyat pada Maret silam.

"Kami berharap produksi kami akan kembali normal pada November mendatang, sementara untuk produksi domestik Jepang diharapkan akan pulih sebesar 90 persen pada bulan ini," imbuhnya.

Akibat bencana itu Toyota dan beberapa produsen otomotif Jepang lainnya mengalami kelangkaan berbagai komponen penting dalam pembuatan mobil. Kondisi itu diakui juga oleh Toshiyuki Shiga, Chief Operating Officer Nissan Motor Co Ltd.

"Nissan telah mulai beroperasi kembali secara normal sejak pertengahan Mei silam, tapi harus diakui kami masih mengalami kesulitan dalam pasokan beberapa komponen utama," kata Shiga ketika meluncurkan Nissan Juke di Jakarta, baru-baru ini. Toyota memproduksi 38 persen mobilnya di dalam negeri, sementara Nissan dan Honda hanya 25 persen.(ASW/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini