Sukses

Gaet GAZ, VW Lebarkan Sayap di Rusia

Produsen otomotif Rusia, GAZ, telah menandatangani perjanjian kerja sama senilai US$ 285 juta dengan Volkswagen untuk merakit model terbaru VW dan Skoda.

Liputan6.com, Nizhny Novgorod: Produsen otomotif Rusia, GAZ, telah menandatangani perjanjian kerja sama senilai US$ 285 juta dengan Volkswagen untuk merakit model terbaru VW dan Skoda. Keduanya berencana akan merakit sebanyak 110.000 unit per tahunnya di pabrik Rusia, yang dimulai pada akhir 2012.

Seperti dilansir Insideline.com, Senin (20/6), model pertama dari pabrik perakitan di Nizhny Novgorod yang akan dirakit bernama Skoda Yeti, model crossover kompak dari afiliasi VW di Ceko. Ini akan diikuti oleh versi lokal dari Skoda Octavia dan VW Jetta.

Selain itu, VW berencana memperluas pabrik perakitannya di Kaluga, Rusia. Ini dalam rangka turut meramaikan persaingan para pordusen otomotif dunia yang membuka cabang di pasar Rusia.

Mengumumkan kesepakatan itu, bos VW Martin Winterkorn mengatakan, pasar Rusia kini menjadi mesin pertumbuhan untuk industri otomotif. "Perluasan kapasitas produksi secara cepat ini bekerja sama dengan GAZ yang secara signifikan akan memperkuat posisi Grup Volkswagen di pasar utama."

Pada akhir tahun lalu, GAZ meluncurkan model andalan Volga Siber, versi sedan lama dari Chrysler Sebring. Pihak GAZ pun telah bernegosiasi dengan VW dan GM untuk mengisi pabriknya yang tengah menganggur.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini