Sukses

Cina Bangun Pabrik Otomotif di Brazil

Perusahaan otomotif China JAC motor akhir pekan ini menyatakan berencana mengucurkan 500 juta dolar AS untuk membangun pabrik di negara bagian Bahia, Brazil. Pabrik kendaraan itu merupakan pabrik luar negeri pertama bagi JAC.

Liputan6.com, Jakarta: Perusahaan otomotif China JAC motor akhir pekan ini menyatakan berencana mengucurkan 500 juta dolar AS untuk membangun pabrik di negara bagian Bahia, Brazil. Pabrik kendaraan itu merupakan pabrik luar negeri pertama bagi JAC.

Seperti dikutip AFP, pabrik itu akan mulai beroperasi tahun 2014 dengan kapasitas produksi 100 ribu unit/tahun. Jianghuai Automobile Co. mengemukakan ada 3.500 lowongan pekerjaan di pabrik baru itu.Di Brazil mereka diwakili oleh SHC Group.

Pemerintah Brazil baru-baru ini menaikkan pajak masuk bagi kendaraan impor yang komponennya tidak mencapai 65 persen  buatan Brazil atau negara-negara anggota Mercosur (perhimpunan negara-negara Amerika Selatan).

Langkah itu bertujuan mengurangi arus kendaraan asal China ke Brazil yang merupakan pasar terbesar ke-4 di dunia. JAC harus membayar pajak lebih besar hingga pabrik mereka di Brazil beroperasi.

JAC mengikuti jejak General Motors, Volkswagen, Fiat dan Ford yang membangun pabrik di negara tersebut. Pekan lalu Nissan juga mengungkapkan akan membangun pabrik senilai 1,5 miliar dolar di Brazil sedangkan Renault akan menambah fasilitas di pabrik Brazil dengan kucuran dana 265 juta dolar AS.
(Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini