Sukses

5 Mobil Maut yang Pernah Diproduksi di Dunia

Keamanan dan keselamatan sudah menjadi aspek yang wajib dimiliki mobil-mobil terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Keamanan dan keselamatan sudah menjadi aspek yang wajib dimiliki mobil-mobil terbaru. Sebab, jika tak memerhatikan faktor tersebut, mobil yang seyogyanya digunakan untuk mempermudah mobilitas penggunanya justru berujung maut.

Di dunia, ada beberapa mobil yang memang memiliki rapor buruk dalam hal keamanan. Dilansir Therichest, Kamis (3/4/2014), tingkat kematian saat mengendarai mobil bahkan lebih tinggi ketika orang menumpang pesawat.

Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), berikut daftar mobil mematikan yang diproduksi pada 2001-2004.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dodge Neon

1. Dodge Neon

Di luar Amerika Serikat (AS), Dodge Neon diketahui hadir dengan nama Chrysler Neon. Mobil generasi pertama hadir ke pasar pada 1995 dan terus diproduksi hingga 2005.

Neon mendapuk peringkat yang paling rendah dalam uji keselamatan. Buruknya lagi, mobil ini gagal di berbagai tes dan inspeksi terkait keamanan kendaraan.

3 dari 6 halaman

Mitsubishi Eclipse

2. Mitsubishi Eclipse

Mobil yang satu ini memang dicap sebagai 'mobil kematian' oleh beberapa pengulas. Label ini mengindikasikan bahwa pengemudi tidak berada dalam kondisi aman saat mengendarai tunggangan tersebut.

Dalam sejumla pengujian, mobil cukup mudah kehilangan traksi serta terlalu ringan untuk sebuah mobil. Akibat predikat buruknya itu, Mitsubishi memutuskan untuk tidak lagi memproduksi mobil tersebut pada 2011.

4 dari 6 halaman

Kia Rio

3.  Kia Rio

Mobil kompak empat pintu ini juga memiliki predikat buruk dalam urusan keamanan dan keselamatan berkendara.  Kia Rio memiliki fitur kemanan yang terbatas dan tidak cukup untuk menjaga pengemudi.

Sejauh ini belum ada pengumuman dari Kia terkait nasib dari mobil ini. Namun, perusahaan diharapkan meningkatkan fitur keamanan pada Kia Rio generasi terbaru.

5 dari 6 halaman

Nissan 350Z

4. Nissan 350Z

Mobil besutan Nissan ini memiliki daftar panjang terlibat kecelakaan tunggal. Tercatat, mobil ini telah menelan 193 juta korban jiwa.

Desain dan tampilan mobil yang berpadu dengan mobil desain nampaknya membuat pengemudinya memacu secara ugal-ugalan. Model yang diproduksi rentang waktu 2007 - 2009 ditopang mesin V6 berkapasitas 3,5 liter.

6 dari 6 halaman

Chevrolet Blazer

5. Chevrolet Blazer

Mobil yang diproduksi pada 2001 ini tercatat sebagai pembawa maut bagi pemiliknya. Sejumlah nyawa pun melayang bahkan ketika si pengendara telah menggunakan sabuk pengaman.

Pabrikan pun telah mengeluarkan versi pengganti dari mobil ini. Mengakui produknya sebagai mobil pembawa maut, mereka meminta pengemudi untuk lebih berhati-hati saat berkendara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.