Sukses

Toyota: Seluruh Mobil yang Beredar di Indonesia Aman

PT Toyota-Astra Motor (TAM) tidak menemukan adanya masalah pada seluruh model yang beredar di Indonesia aman.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota mengumumumkan akan menggelar kampanye recall untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada kemudi dan kursi untuk 6,58 juta unit mobil yang beredar di seluruh dunia. Namun, Direktur Marketing PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo, seluruh model yang beredar di Indonesia aman dan tak terpengaruh dari kebijakan tersebut.

“Seluruh model yang beredar di Indonesia tidak satu pun yang terpengaruh kebijakan recall Toyota Global,” tegas Samulo saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (11/4/2014).

Diakuinya, sejumlah model seperti Yaris, Kijang Innova dan Fortuner, juga Corolla memang ditarik dari sejumlah pasar dunia. Namun, kata Samulo, untuk seluruh model yang ada di Indonesia tidak ditemukan adanya masalah. “Spesifikasi untuk mobil yang dijual di Indonesia dengan negara-negara yang bermasalah berbeda, jadi nggak ada masalah,” imbuhnya.

Untuk Kijang Innova, lanjut dia, Toyota Jepang menemukan adanya masalah pada kabel spiral yang dipasang di roda kemudi. Menurut Samulo, apabila masalah ini tidak ditangani maka akan memengaruhi fungsi dari airbag. “Kijang Innova dan Fortuner sudah pasti tidak terlibat,” ujar dia.

Meski Kijang Innova, Fortuner, Yaris, dan seluruh model lain yang beredar di Indonesia aman, TAM saat ini masih menunggu investigasi lebih lanjut soal indikasi masalah pada model Hilux. Samulo mengatakan, seluruh Hilux yang diduga bermasalah adalah mobil yang diimpor dari pabrik Toyota di Thailand.

“Sejauh ini masih dalam penyelidikan, ada indikasi bahwa Hilux pabrikan Thailand bermasalah,” katanya.

“Kami akan informasikan hasil penyelidikan terhadap model Hilux secepatnya, dan konsumen tak perlu khawatir,” pungkas Samulo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini