Sukses

Mobil Autopilot Google Siap Meluncur

Google memiliki ambisi untuk menjadi pioner dalam mengembangkan sebuah mobil autopilot.

Liputan6.com, Los Angeles - Tak hanya menjadi raksasa di bidang teknologi internet, Google tampaknya memiliki ambisi juga untuk menjadi pioner di bidang otomotif terutama dalam mengembangkan sebuah mobil autopilot.

Raja di ranah mesin pencarian itu belum lama ini memamerkan sebuah mobil mungil yang hanya bisa memuat dua penumpang. Meski berukuran mini, sebagaimana dilansir dari BBC, Rabu (28/5/2014), jangan anggap remeh roda empat yang satu ini.

Tak seperti mobil pada umumnya, sejumlah fitur vital seperti kemudi dan pedal-pedal untuk mengontrol kecepatan ditiadakan. Hanya ada tombol yang berfungsi untuk memerintahkan mobil untuk maju atau mundur, dan mobil pun melaju.

"Kami sangat terkesan dengan mobil ini, sesuatu yang memungkinkan kami untuk benar-benar merealisasikan teknologi self-drifing, dan batasannya," ujar direktur dari proyek self-drifing Google, Chris Urmson.

Mobil yang akan dibuat sebanyak 100 unit dalam bentuk purwarupa itu memiliki mesin elektrik yang hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimum 40 kilometer per jam.

Untuk tahap awal, tim masih memerlukan kontrol tambahan seperti kemudi dan pedal rem serta gas untuk dapat mengambil alih kendaraan ketika terjadi masalah.

Tapi Urmson yakin, mobil akan benar-benar tidak memerlukan pedal dan kemudi seiring dengan berkembangnya teknologi.

Adapun, mobil dibangun menggunakan bemper berbahan lembut, kaca depan yang fleksibel untuk mengurangi risiko ketika terjadi kecelakaan atau meyenggol pejalan kaki.

Mobil menggunakan kombinasi sensor laser dan radar yang terintegrasi dengan kamera yang telah diprogram untuk bisa berbelok dan melakukan pengereman secara otomatis. Sejauh ini mobil bekerja berdasarkan data pada layanan pemetaan jalan Google. (Gst/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini