Sukses

Waspada! Cairan Wiper Bisa Timbulkan Penyakit Serius

Cairan mengandung bakteri yang mematikan yakni Legionnaire.

Liputan6.com, California - Carian wiper menjadi salah satu fitur yang sangat penting bagi pengendara untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kaca. Namun, carian tersebut ternyata membahayakan keselamatan. Kenapa?

Dilansir dari Inautonews, Jumat (30/5/2014), sebuah studi baru yang dirilis pada pertemuan tahunan menyimpulkan bahwa carian wiper bisa berdampak serius pada kesehatan manusia.

Menurut lapora itu, cairan mengandung bakteri yang mematikan yakni Legionnaire. Bahkan peneliti menemukan adanya bakteri penyebab penyakit pheumonia yang mematikan ditemukan pada 75% cairan wiper pada bus sekolah di kawasan Arizona. Peneliti juga menemukan mikroorganisme dapat bertahan di cairan selama 14 bulan.

"Cairan wiper bisa menghasilkan sejumlah bakteri berbahaya ke udara. Hal ini menunjukkan bahwa mobil dapat berfungsi sebagai sumber penularan infeksi Legionella," ujar mahasiswa S2 dari Arizona State University, yang juga menulis laporan tersebut, Otto Schwake.

Adapun, penelitan yang baru dilakukan dalam sekala kecil ini menunjukkan hampir 20% dari penyakit berasal karena kontak dengan cairan wiper.  Bakteri Legionella secara alami dan telah dikenal ditemukan dalam air. (Gst/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini