Sukses

Beginilah Akibatnya Kalau Pakai Ponsel Saat Isi Bensin

Pihak berwenang terkadang harus turun tangan untuk memperingatkan orang-orang yang tetap mengobrol dengan ponsel saat berada di SPBU

Liputan6.com, New Delhi - Sebagian orang masih bertanya-tanya mengapa tidak boleh menggunakan ponsel di dekat pompa bensin. Beberapa orang mungkin masih belum memahami bahaya dari menggunakan ponsel di dekat pompa bensin karena belum membuktikannya sendiri, tapi sebaiknya tidak menggunakan Anda tidak menggunakan ponsel  di SPBU karena dapat menyebabkan kebakaran.

Di seluruh SPBU pun telah dipasang peringatan untuk menjauhkan diri dari SPBU ketika akan menggunakan ponsel. Bahkan pihak berwenang terkadang harus turun tangan untuk memperingatkan orang-orang yang tetap mengobrol dengan ponsel saat berada di SPBU untuk menghindari resiko kebakaran.

Peringatan keras sudah dicantumkan produsen ponsel seperti Motorola, Ericsson dan Nokia pada buku panduannya untuk tidak menggunakan ponsel di SPBU. Bahkan, di beberapa negara Eropa seperti Belgia menerapkan aturan yang sangat ketat. SPBU di belgia mencantumkan larangan penggunaan ponsel dalam jarak 10 meter dari pompa bensin, seperti dilansir dari Rushlane Senin (9/6/2014).

Bila tetap mengacuhkan peringatan untuk tidak memakai ponsel maka akan terjadi hal yang cukup fatal seperti yang terjadi pada SPBU di India dalam video ini.

Di India, pernah terjadi sebuah kebakaran yang menyebabkan korban luka akibat menggunakan ponsel saat mengisi BBM. Seorang pengendara sepeda motor tetap asyik menelepon padahal saat itu ia sedang mengisi bahan bakar motornya.

Alhasil, motor yang ia tunggangi pun terbakar cukup hebat dan api sempat menyambar si pengendara motor. Untungnya tidak ada korban jiwa dan kerugian lebih besar akibat kebakaran tersebut karena dapat segera dipadamkan oleh petugas SPBU.

Sang pengendara sepeda motor menderita luka serius sementara motornya rusak akibat terbakar karena listrik statis yang dihasilkan oleh sinyal ponsel si pengendara saat menelepon.

Oleh karena itu sebaiknya penggunaan ponsel di dekat pompa bensin karena dampaknya sudah terbukti dan bisa menyebabkan akibat yang lebih serius. (Ysp/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.