Sukses

Limosin Milik Mantan Penguasa Rusia Dilego Seharga Rp 20 Miliar

ZIL baru menempuh jarak sejauh 29,403 km saja sejak pertama kali dibuat.

Liputan6.com, Moscow - Selama periode perang dingin, Uni Soviet kerap bersaing dengan Amerika Serikat dalam banyak hal. Bila Di negeri Paman Sam seorang presiden mendapatkan kehormatan dengan menggunakan sebuah kendaraan berjenis limosin, negeri beruang merah pun tak mau kalah dengan menggunakan limosin garapan dalam negeri untuk kendaraan dinas presiden.

Di akhir masa kejayaan ideologi komunis Uni Soviet di tahun 1987, Mikhail Gorbachev sebagai kepala negara mendapat sebuah limosin garapan ZIL untuk kendaraan dinas kenegaraan. Limosin yang dijuluki 'The Beast' atau yang berarti monster tersebut menggunakan ZIL 41052 yang telah memakai lapisan baja anti peluru yang sangat tebal sehingga membuat bobot limosin tersebut membengkak menjadi 5,5 ton, seperti dilansir dari Worldcarfans, Kamis (12/6/2014).

Meskipun dijuluki monster, namun limosin ini tidak kehilangan sebuah kharismanya sebagai sebuah mobil presiden yang terlihat mewah dan eksklusif. Hal ini tak mengherankan sebab ZIL merupakan produsen kendaraan yang kerap diminta oleh pemerintah Uni Soviet saat itu memproduksi kendaraan dinas untuk petinggi negara.

Limosin ini mengusung mesin V8 berkapasitas 7,7 liter yang menghasilkan tenaga sebesar 315 horse power (HP). Monster mewah ini mampu berlari hingga kecepatan 190 km/jam dan hanya menempuh jarak sejauh 29,403 km saja sejak pertama kali dibuat pada tahun 1987.

ZIL membekali limosin yang berdinas antara tahun 1989 sampai tahun 2007 ini dengan berbagai fitur keamanan terbaik dan gadget yang canggih pada masa itu untuk mengakomodir kebutuhan dinas presiden Mikhail Gorbachev hingga Boris Yeltsin. Namun, kini sang monster telah pensiun dan digantikan oleh limosin terbaru bikinan ZIL yang mengusung mesin dari Porsche.

Bagi para penggemar otomotif yang ingin merasakan sensasi mengendarai mobil kepresidenan Rusia, dapat menyediakan mahar sebesar 1,25 juta Euro atau sekitar Rp 20 miliar (Kurs Rp 16.029 per Euro) untuk menebus ZIL yang saat ini dipamerkan pada rumah barang antik James Edition. (Ysp/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini