Sukses

Honda Bakal Produksi CBR300R Versi Telanjang

CB300F masih tetap menyisakan beberapa bagian penting seperti bentuk lampu belakang yang tetap mempertahankan desain milik CBR300R.

Liputan6.com, California - Pabrikan motor berlogo sayap mengepak, Honda, mengkonfirmasi jika mereka akan memproduksi versi telanjang alias naked dari Honda CBR300R. Untuk versi ini, Honda menamainya CB300F.

Melansir laman Motoroids, Selasa (24/6/2014), desain versi naked dari Honda CB300F ini dirilis oleh Dewan Emisi California saat Honda menyetujui batas emisi yang diajukan oleh negara bagian tersebut. Mereka tak hanya membocorkan desain dari CB300F, tapi ada beberapa nama lain yang dipersiapkan Honda untuk melakukan uji emisi.

Menurut Dewan Emisi California, Honda berencana lepaskan tiga model sepeda motor untuk pasar di negeri Paman Sam. Ketiga model tersebut antara lain CBR300R, CBR300RA (versi ABS), serta CB300F.

Honda CBR300F memiliki desain streetfighter yang terinspirasi dari saudaranya yaitu CB500F. Desain headlamp dari CB300F ini memiliki bentuk agak membulat yang sepintas mirip dengan headlamp Yamaha Vixion Lightning yang ada di Indonesia.

Sebagai bentuk telanjang dari CBR300R, motor ini masih tetap menyisakan beberapa bagian penting seperti mudguard, desain jok, knalpot, dan penutup tambahan untuk jok penumpang dari CBR300R. Bahkan, bentuk lampu belakang dari CB300F ini tetap mempertahankan desain milik CBR300R.

Tujuan Honda tetap mempertahankan beberapa komponen milik CBR300R yaitu agar menjaga harga motor naked ini tetap terjangkau, seperti halnya prinsip platform yang digunakan pada industri mobil.

Perbedaan mencolok pada streetbike ini terlihat pada desain setang yang lebih tinggi yang membuat pengendara lebih tegak saat mengendarai. Selain itu posisi pijakan kaki untuk boncengers dirancang ulang agar nyaman saat di perjalanan.

Sementara itu pada dapur pacu milik CB300F akan sama persis dengan CBR300R yaitu mesin satu silinder berkapasitas 286 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 30,4 horse power (HP) dan torsi sebesar 27 Nm. Mesin yang digunakan pada CBR300R ini sebenarnya adalah versi bore up dari Honda CBR250R yang diluncurkan di Indonesia bulan lalu.

Honda kemungkinan baru akan memasarkan CB300F ini pada awal 2015 mendatang. Motor naked ini akan bersaing dengan Suzuki Inazuma dan Kawasaki Z250 yang sama-sama memiliki desain naked dan kapasitas mesin yang tak jauh berbeda. (Ysp/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.