Sukses

Penawar Lesu Pasar Hatchback Indonesia, All-New Honda Jazz

Sejumlah penyegaran yang diusung pun membuat pabrikan yakin, kalau Jazz generasi ketiga itu mampu menjadi penawar lesunya pasar hatchback.

Liputan6.com, Jakarta - Lama ditunggu-tunggu, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya memboyong model hatchback jagoannya, All-new Jazz, ke pasar dalam negeri. Sejumlah penyegaran yang diusung membuat pabrikan yakin, bila Jazz generasi ketiga itu mampu menjadi penawar lesunya pasar hatchback dalam negeri. 

Di sela-sela peluncuran All-new Honda Jazz, Marketing and Aftersales Service Director HPM, Jonfis Fandy,  mengungkap, pangsa pasar hatchback mengalami penurunan dibanding tahun lalu. Dalam beberapa bulan terakhir, penjualan model hatchback-nya itu melandai. 



"Penurunan terjadi karena mau ada Jazz baru. Setelah debut, penjualan dan pasar hatchback akan kembali naik," ujarnya yakin.

Asa Jonfis pasar hatchback bukanlah isapan jempol. Sejak 2004, mobil itu terbukti menjadi model yang paling banyak terjual. Sepanjang 10 tahun, HPM berhasil membukukan penjualan sebanyak 228.554 unit.

"Desain yang lebih keren, performa lebih sporty, fitur canggih, efisiensi bahan bakar, kabin yang fleksibel serta harga menjadi ekspektasi konsumen hatchback di Indonesia," urai dia dalam paparannya.

Lantas pada keunggulan dari All-new Honda Jazz? Simak ulasan singkat Liputan6.com berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tampilan

Tampilan

Untuk mempertahankan kepemimpinan selama 10 tahun di pasar hatchback dalam negeri nampaknya menjadi dasar agar Honda tak main-main dalam meracik Jazz generasi ketiga. Mobil ini pun bukan hanya berubah dari sisi kosmetiknya saja.

Di sektor eksterior khususnya bagian muka, tampilannya terlihat lebih agresif dan sporty dibandingkan generasi sebelumnya. All-new Honda Jazz menerapkan Stunning Front Grille, Dynamic Bumper yang dikombinasikan Fog Lamp dengan LED Position Lamp untuk meningkatkan visibilitas berkendara di kondisi gelap dan lampu utama berbasis LED dengan Auto Leveling.



Beralih ke bagian buritan, terdapat Sporty Tailgate Spoiler dengan LED High Mount Stop Lamp memang memberikan kesan gagah sekaligus meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pagi pengendara lain saat di jalan.

Tak hanya itu Honda juga menerapkan Dark Chrome Rear Garnish Licence Garnish untuk memperkuat kesan atraktif dan Rear Combination Lamp dengan LED Stop Lamp.



Di samping itu, komponen kaca spion juga tak luput dipoles, desainnya dilengkapi dengan LED Turning Signal. Fitur ini ini bisa ditemukan pada tipe S dan RS. Pada sisi samping All-new Honda Jazz memiliki garis untuk mempertegas posisinya sebagai hatchback generasi ketiga pabrikan.

3 dari 6 halaman

Bentuk Mini Fungsi Maksi

Bentuk Mini Fungsi Maksi

Fungsionalitas nampaknya menjadi aspek yang menjadi perhatian pada Honda Jazz anyar ini. Bagaimana tidak, sejumlah kursi yang ada bisa disesuakan untuk meningkatkan ruang kompartemen.

Menariknya, kalau kursi pada baris kedua dilipat dan baris pertama diratakan, ruang kabin bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur. Begitu pula pada kursi baris kedua yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan.



Setidaknya ada empat mode kursi yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatan ruang penyimpanan.



Bagian eksterior juga dilengkapi fitur tambahan seperti Glove Box dengan dermaga US, Cup Holder untuk pengemudi, Console Box, Center Console Box, Seat Back Pocket, Front and Rear Cup Holders, Map Light, Vanity Mirror dan Room Mirror dengan pengatur kondisi siang atau malam.

4 dari 6 halaman

Teknologi

Teknologi

Seperti disebutkan  Marketing and Aftersales Service Director HPM, Jonfis Fandy, konsumen menginginkan sebuah hatchback yang juga mengadopsi pelbagai teknologi terkini.

Menjawab kebutuhan itu, All-new Honda Jazz juga mengusung Sporty Meter Cluster yang lebih modern serta fitur Multi Information LCD Display yang memberikan informasi secara real time terkait konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, dan indikator volume bensin.



Kemudian, mobil juga dibekali sistem audio video dengan layar sentuh 6,1 inci yang mendukung berbagai jenis berkas hiburan. Bahkan bisa terhubung dengan aplikasi iPhone 4 dan 4S dengan kabel opsional. Tombol Steering Switch pada kemudi juga tak luput disisipkan untuk memudahkan akses ke ruang hiburan tanpa perlu mengalihkan perhatian mengemudi.

Untuk meningkatkan kesan modern dan sporty, All-new Honda Jazz juga memiliki tombol untuk memudahkan menyalakan atau mematikan mesin dengan sekali sentuh.

5 dari 6 halaman

Performa

Performa

All-new Honda Jazz menggendong mesin empat silinder SOHC i-VTEC ‎berkapasitas 1,5 liter yang bisa memproduksi tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimal 14,8 kg.m pada 4.800 rpm. Mobil ini telah lulus uji standar emisi EURO-2.



"Kinerja efisiensi bahan bakar yang tinggi dicapai dengan berbagai upaya. Mesin All-new Jazz mengadopsi sistem Resirkulasi Gas Exhaust, yang mengoptimalkan pembakaran dengan valve timing dan penggunaan busi dua jarum.

Semua berkontribusi untuk meningkatan efisiensi bahan bakar," papar Large Project Leader Honda R&D Tochigi Center Jepang, Makoto Konishi.

Tak hanya dibekali mesin berperforma lebih baik daripada generasi sebelumnu, All-new Honda Jazz dibeklai dengan fitur Paddle Shift untuk tipe RS CVT, G-Design Shift untuk menghasilkan akselerasi responsif, ECO Assist, Cruise Control, Bribe By Wire serta suspensi depan MacPherson Strut dan H-Shape Torsion pada bagian belakang yang diklaim dapat meningkatan stabilitas dan kenyamanan berkendara.

6 dari 6 halaman

Fitur Keselamatan dan Harga

Fitur Keselamatan dan Harga

Honda bukan hanya mewarkan perubahan yang cukup signifikan pada bagian ekterior dan interior, pabrikan asal Jepang ini juga melengkapi All-new Honda Jazz dengan pelbagai fitur keselamatan meliputi Dual Front SRS Airbag, rangka G-CON plus ACE, sabuk pengaman pretensioner dan load limiter dan Pedesterian Protection yang diterapkan pada sejumlah komponen bodi untuk mengurangi potensi cedera pada pejalan kaki.

Adapun, All-new Honda Jazz tipe A M/T ‎dibanderol Rp 199 juta, S M/T Rp 217 juta, S CVT Rp 227 juta, RS M/T Rp 238 juta dan tipe RS CVT Rp 248 juta. Rencananya mobil bisa dipesan mulai Juli. (Gst/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.