Sukses

Patahkan Fiesta, EcoSport Jadi Backbone Jualan Ford di Indonesia

Mengutip data ‎Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga Maret penjualan Focus mencapai 687 unit.

Liputan6.com, Jakarta - ‎ New Fiesta menjadi backbone jualan PT Ford Motor Indonesia (FMI) dalam tiga bulan awal tahun ini. Namun, prestasi itu tak bisa dipertahankan ketika EcoSport melakoni debut di dalam negeri.

Ya, penjualan dari pabrik ke diler (wholesale) Fiesta memang sempat menjadi yang tertinggi dibandingkan model-model Ford yang dibawa ke dalam negeri.

Mengutip data ‎Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga Maret penjualan Focus mencapai 687 unit.

Akan tetapi, performa Fiesta goyang pada April. Sementara penjualan wholesale EcoSport mencatatkan 511 unit pada April dan tembus 577 unit pada Mei.

"Kami bersyukur Menutup semester pertama dengan hasil gemilang. Penjualan ritel kami naik 69 persen pada kuartal kedua jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya," ungkap Managing Director PT Ford Motor Indonesia (FMI), Bagus Susanto, yang ditulis Jumat (4/7/2014).

Berdasarkan data yang dihimpun Liputan6.com, penjualan ritel untuk EcoSport pada Juni menembus 659 unit naik dari bulan sebelumnya dengan 421 unit. Sedangkan Fiesta terjual sebanyak 282 unit, turun sebesar 34 unit dari 316 pada Mei.

Ford EcoSport yang masuk di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ditetaskan dengan mengusung sejumlah perbedaan. Menurut perusahaan, bukan hanya kaya fitur dan teknologi keselamatan terbaik di kelasnya, mobil ini juga dibanderol dengan harga yang bersaing.

Ditetaskan dalam Lima Tipe

Untuk diketahui, Ford EcoSport ditopang mesin bensin empat silinder berkapasitas 1,5 liter Ti-VCT yang mampu menyemburkan tenaga 110 PS pada 6.300 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.500 rpm.

Mesin juga dikawinkan dengan transmisi otomatis Ford PowerShift 6-percepatan yang diklaim lebih hemat bahan bakar atau transmisi manual 5-percepatan.

Selain mesin yang diklaim irit, kabin EcoSport dimaksimalkan guna memberikan ruang kepala dan lutut yang luas untuk penumpang. Di sektor keselamatan, mobil ini memiliki fitur airbag dengan standar SUV, Electronic Stability Program dan Anti-Lock Brake System (ABS).

Hadir dalam lima tipe di dalam negeri, Ford membanderol EcoSport tipe Ambiente Rp 195,4 juta, Trend MT Rp 213,4 juta, Trend AT Rp 223,4 juta, Titanium MT Rp 232,4 juta dan Titanium AT Rp 242 juta. (Gst/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.