Sukses

Cerita Gila di Balik Penjualan Fantastis Ferrari 410

Ferrari 410 Superamerica Series 1 Coupe tahun 1956 dengan sejarah kepemilikan unik

Liputan6.com, Arizona Laporan: P Prabowo Destian

Lelang otomotif di Arizona pada awal 2014 membuat perhatian khalayak. Sebuah Ferrari 410 Superamerica Series 1 Coupe tahun produksi 1956 sukses terjual di angka US$ 3,3 juta (Rp 388 miliar) atau lebih tinggi satu juta dollar AS dari yang sebelumnya diprediksi analis.

Dilansir dari Forbes pada (2/7/2014), kendaraan ini memang cukup istimewa, mengingat di masa itu (1956) model tersebut merupakan kendaraan tercepat yang pernah diproduksi Ferrari. Mobilnya menggunakan mesin gahar V12 berkapasitas 4,9-liter bertenaga 340 hp yang sanggup melahap kecepatan maksimal hingga 241 km/jam.

Yang tak kalah seru adalah siapa-siapa saja yang pernah memiliki mobil istimewa ini. Ferrari 410 yang satu ini pernah berpindah tangan dari satu nama beken ke nama lainnya. Mulai dari pembalap ternama, pewaris usaha bernilai miliaran dollar AS, hingga penjual senjata yang pernah digunakan pemusik ternama untuk bunuh diri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita-cerita unik si pemilik Ferrari

Berikut orang-orang yang ikut andil dalam sejarah kepemilikan mobil ini:

Maret 1956, Luigi Chinetti yang juga imigran asal Italia dan pembalap di ajang bergengsi ketahanan Le Mans dengan gelar juara sebanyak tiga kali mengimpor Ferrari 410 Superamerica tersebut untuk kali pertama ke AS dan mempertontonkannya di New York International Auto Show.

Tahun 1961, setelah membeli Ferrari 410 tersebut dengan harga US$ 17.000, William Kemble yang merupakan pewaris dari Du Pont akhirnya menjualnya ke Lauraen dan Hazel Dennen yang merupakan pemilik Hertage House Inn di California.

Tahun 1968, kendaraan tersebut akhirnya berpindah kepemilikan kepada Stan Baker, seorang pemilik toko senjata Stan Baker Sports dimana Kurt Cobain membeli senjata berjenis shotgun yang kemudian digunakannya untuk bunuh diri.

Baker lantas mengemudikan mobil tersebut sejauh 1.609 km dalam ajang Colorado Grand Rally. Di tahun 1982, Baker kembali mempertontonkan Ferrari 410 miliknya di ajang pertemuan pemilik Ferrari di California dan sukses memenangkan penghargaan atas kategori kendaraan antik yang terpelihara dengan baik. (Des/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.