Sukses

Crossover Anyar MINI JCW Akhirnya Terungkap

John Cooper Works (JCW) fokus pada peningkatan tenaga MINI Countryman dan Paceman.

Liputan6.com, London - Pabrikan otomotif ikonik asal Inggris, MINI, beberapa waktu lalu resmi memperkenalkan crossover terbaru mereka, yaitu Countryman dan Paceman. Hal ini nyatanya tak membuat MINI berpuas diri dan tetap mempersiapkan versi khusus dari kedua crossover tersebut.

Adalah John Cooper Works (JCW) yang merupakan divisi performa dari MINI yang telah menggarap Countryman dan Paceman menjadi lebih gahar. Varian crossover racikan JCW ini sendiri telah resmi diperkenalkan beberapa hari yang lalu.

Melansir laman Motorauthority, Selasa (8/7/2014), secara garis besar, JCW tidak banyak merubah penampilan eksterior dari Countryman dan Paceman. Mereka hanya merubah tampilan muka dengan mengusung grill radiator baru dan melebur eksterior dengan kelir warna piano black.

Pada sisi interior, JCW juga tidak banyak merombak dashboard milik kedua crossover ini. JCW hanya memberi aksen krom pada lubang AC dan memperbaharui fitur MINI Connected yang menjadi pusat hiburan kendaraan tersebut.

Sementara itu di bagian dapur pacu, JCW mendongkrak output kedua tenaga crossover ini yang awalnya sebesar 208 horsepower (hp) menjadi 218 hp.

Meskipun tenaga dari Countryman dan Paceman ini lantas terdongkrak, JCW tetap mempertahankan mesin empat silinder berkapasitas 1,6 liter turbocharged dengan transmisi enam percepatan Steptronic khas MINI.

Berkat racikan mesin JCW, Countryman dan Paceman kini mampu berakselerasi dari kecepatan diam hingga 100 km/jam dalam waktu 6,8 detik.

Pihak MINI sendiri mengonfirmasi jika Countryman dan Paceman versi JCW ini akan dilempar ke pasaran dalam beberapa bulan kedepan. Divisi dari BMW Group ini membanderol Countryman JCW dengan harga mulai dari US$ 36.200 atau sekitar Rp 423,5 jutaan (Kurs Rp 11.700 per US$) dan melepas Paceman JCW dengan harga mulai dari US$ 36.450 atau sekitar Rp 426,5 jutaan. Tentunya, harga ini belum termasuk impor barang mewah kala masuk ke Indonesia.

Sebagai perbandingan, aneka varian MINI Cooper JCW saat ini yang dijual oleh Maxindo sebagai distributor resmi MINI di Indonesia berada di rentang harga mulai Rp 749 juta hingga Rp 949 juta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini