Sukses

Kendala Suspensi, VW Stop Penjualan Golf GTI

VW stop penjualan Golf GTI atas indikasi cacat produksi suspensi link stabilizer depan.

Liputan6.com, Wolfsburg - Wabah recall di Amerika Serikat tampaknya tak hanya melanda General Motors (GM) saja. Volkswagen (VW) pun setali tiga uang lewat penarikan hatchback legendaris mereka, yaitu Golf GTI. Buntutnya, pabrikan Jerman tersebut turut meminta seluruh diler mereka di AS dan Kanada untuk menunda penjualan 800 unit Golf dan Golf GTI yang baru saja diluncurkan.

Melansir laman Topspeed, Kamis (10/7/2014), pihak VW tak hanya menghentikan penjualan Golf, namun juga menarik hingga 1.634 unit Golf yang telah terjual di kawasan Amerika Utara.

Ikon otomotif Jerman tersebut mengatakan tengah menyelidiki indikiasi masalah pada link stabilizer depan pada suspensi milik Golf.  Dikatakan, suspensi yang ada kurang kuat dipasang saat proses produksi. Akibatnya, hal ini mempengaruhi kontrol kemudi pada Golf yang potensial menyebabkan kecelakaan.

Sebagai pencegahan, pihak VW juga turut menginformasikan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) mengenai cacat produksi tersebut. Para pemilik Golf model 2015 akan segera menerima pemberitahuan recall. Tak ada biaya yang dipungut untuk penggantian komponen tersebut.

Recall ini sendiri potensial melambatkan penjualan VW Golf dan Golf GTI di kawasan Amerika Utara. Tak hanya itu, pihak VW pun harus menghentikan sementara produksi Golf sebelum tuntas mengatasi cacat produksi yang ada.

Pihak VW membanderol Golf di kawasan Amerika Utara dengan harga mulai dari US$ 24.395 atau sekitar Rp 284,7 jutaan (Kurs Rp 11.670 per US$). Sementara itu untuk Golf yang telah mendapat paket upgrade dari Autobahn dibanderol dengan harga US$ 30.695 atau sekitar Rp 358,2 jutaan. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini