Sukses

Tips Mudik: Cara Nyaman Menyewa Mobil di Masa Mudik

Langkah-langkah menyewa kendaraan yang tepat untuk keperluan mudik akan membuat aktivitas silaturahmi Anda tetap aman dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta - Musim lebaran identik dengan mudik. Aktivitas yang satu ini lekat dengan jalan raya dan tuntutan kendaraan prima. Bagi Anda yang berniat untuk menyewa kendaraan sebagai sarana transportasi mudik ke kampung halaman, tentunya tak ingin terganggu aktivitas silaturahminya.

Berikut adalah tips menyewa kendaraan yang aman dan nyaman dari Autonetrentcar, Jakarta, yang dihubungi oleh Liputan6.com pada Kamis (10/7/2014):

1. Jauh-jauh hari. Mulailah mencari jasa penyewaan jauh hari sebelum hari mudik tiba. Amannya, Anda mulai mencari kendaraan satu bulan sebelum mudik dilakukan. Buatlah daftar jasa rental mobil yang terpercaya dari berbagai sumber ataupun hasil diskusi dengan rekan atau keluarga Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Next

2. Tentukan jenis kendaraan apa yang akan Anda butuhkan. Jenis kendaraan yang akan Anda sewa dapat ditentukan dari jumlah orang yang akan turut mudik ataupun jenis aktivitas Anda di waktu liburan nanti. Anda yang berencana membawa keluarga lebih dari empat orang layaknya menyewa mobil jenis MPV atau SUV. Sedangkan Anda yang mudik dengan anggota keluarga kurang dari tiga orang dapat tetap nyaman dengan sedan atau hatchback.

3 dari 5 halaman

Next

3. Booking lebih awal. Jika Anda telah menentukan jenis kendaraan yang akan Anda sewa, maka mulailah untuk mengontak rental mobil tersebut untuk informasi dan pilihan layanan yang lebih lengkap.

4 dari 5 halaman

Next


4. Periksa kondisi mesin dan surat-surat. Saat mengambil mobil, periksalah kondisi mesin, ban dan surat-surat kendaraan yang Anda sewa. Dalam beberapa kasus, surat-surat kendaraan yang disewakan seringkali ditemukan bermasalah.

5 dari 5 halaman

Next

5. Sepakati jaminan. Mintalah jaminan dari pemilik rental atas kemungkinan Andai kendaraan tersebut nantinya bermasalah dan tak sesuai dengan kesepakatan awal. Perjalanan Anda tentu lebih tenang jika rental mobil telah menyertakan asuransi pada kendaraan mereka.

Selamat mudik, dan tetap patuhi aturan keselamatan lalu lintas!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini