Sukses

Hadang Kesuksesan BMW Seri 3, Jaguar Siapkan XE

Walaupun berkapasitas mesin sama, Jaguar rencanakan mesin XE lebih efisien sebesar 17 % dibanding seri XF.

Liputan6.com, London - Jaguar berencana untuk meluncurkan sedan kompak mewah guna menyaingi kesuksesan BMW Seri-3. Sedan saloon ini rencananya akan diperkenalkan mulai tahun depan.

Melansir laman Autoevolution, Sabtu (12/7/2014), XE akan menjadi kendaraan Jaguar termurah yang dijual oleh ikon otomotif Inggris itu. Sedan ini akan dibekali mesin empat silinder baru berteknologi Ingenium.

Mesin terbaru yang disematkan tersebut berkapasitas 2,2 liter dengan bahan bakar diesel. Pihak Jaguar mengklaim jika mesin untuk XE lebih efisien sebesar 17 persen dibanding dengan XF yang mengusung mesin berkapasitas sama.

Mesin yang dibuat dari bahan alumunium tersebut adalah hasil pengembangan dari Jaguar-Land Rover. Mesin ini rencananya akan digunakan oleh generasi pengganti dari Discovery.

Chief Executive Officer Jaguar-Land Rover, Ralf Speth mengklaim jika XE akan menjadi sedan premium di segmen C atau D yang paling efisien, canggih, serta sporty.

Keinginan CEO JLR tersebut tentu merupakan tuntutan wajib bagi tim desain XE. Divisi yang dipimpin oleh Ian Callum ini wajib untuk mendesain sebuah sedan dengan kombinasi karakter kuat dan elegan. Jaguar sendiri ingin XE terbaru hadir secara istimewa dan meyakinkan.

Foto desain XE terbaru yang dibocorkan pihak Jaguar menunjukkan kalau sedan saloon tersebut akan hadir dengan kombinasi unsur seksi F-Type dan aura elegan milik sedan XF. Jaguar berharap kelahiran generasi anyar dari XE nantinya dapat menyokong pertumbuhan Jaguar di masa depan. (Ysp/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.