Sukses

Datsun Siapkan Hatchback di Bawah Rp 100 Juta

Hatchback pertama dari Datsun yang debut perdana di India itu dinilai cocok untuk pasar dalam negeri Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya fokus bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC), Datsun juga percaya diri bermain di segmen hatchback dalam negeri. Bahkan untuk memenangkan persaingan, Datsun Indonesia yang berada di bawah PT Nissan Motor Indonesia (NMI) itu berencana menetaskan hatchback yang dibanderol di bawah Rp 100 juta.

Perusahaan mengklaim, penjualan Datsun Go+ Panca yang bermain di segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) 5+2 telah terjual sebanyak dua ribu unit per bulan. Melihat adanya ceruk di pasar mobil murah, Datsun Indonesia berencana akan menelurkan varian lain untuk model Hatchback, yaitu Datsun Go.

Diungkapkan President Director PT NMI, Stephanus Ardianto, hatchback pertama dari Datsun yang debut perdana di India itu dinilai cocok untuk pasar dalam negeri. Terlebih katanya, Datsun Go siap menjawab kebutuhan kendaraan bagi kaum muda.

"Datsun Go harganya kompetitif, pokoknya lebih murah dari versi Go+ Panca," ujar Stephanus kepada wartawan di Jakarta, yang ditulis Jumat (11/7/2014).

Meski berjanji bakal dibanderol lebih murah daripada model yang telah ada di pasaran saat ini, Stephanus enggan berbicara banyak soal waktu peluncuran dan harga pasti dari Datsun Go tersebut. Untuk perbandingan, Datsun Go+ Panca yang dilepas dalam lima tipe dilego mulai dari Rp 85 juta hingga Rp 102,9 juta on the road Jakarta.

Mengutip data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Datsun tipe tertinggi menjadi model yang berkontribusi paling besar terhadap penjualan dari pabrik ke diler (wholesale). Seperti diketahui, Datsun Go+ hadir dalam tiga tipe, yakni D, A dan T.

Dari ketiga tipe tersebut, tipe T menjadi yang terlaris dengan 1.126 unit, diikuti tipe A sebanyak 62 unit dan 3 unit tipe D yang merupakan tipe terendah. Soal harga, tipe D dibanderol Rp 85 juta, tipe A 92,4 juta dan T dilego Rp 99,9 juta.

Ketiga tipe mobil sama-sama dibekali mesin bensin 1,2 liter dengan output 68 PS yang dikawinkan sistem tranmsisi manual 5-percepatan. Sedangkan untuk tipe tertinggi mobil dibekali fitur Electric Power Steering, Dop Roda, Central Door Lock, Keyless Alarm, Immobilizer, dan Power Windows pada bagian depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.