Sukses

Penting! Persiapkan Kondisi Fisik Sebelum Mudik

Tak hanya kendaraan, kondisi fisik pengemudi yang prima juga wajib dipersiapkan mulai jauh-jauh hari.

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan jauh tentu butuh persiapan matang. Tak hanya fokus pada kendaraan, fisik yang prima dari sang pengemudi juga wajib diperhatikan mulai jauh-jauh hari.

Untuk memastikan kondisi badan tetap fit menjelang aktivitas mudik, berikut tips dari Liputan6.com seputar kiat menjaga kesehatan jelang mudik Lebaran.

1. Pastikan Anda siap berkendara jarak jauh

Ingatlah, berkendara jarak jauh tak lepas dari beragam resiko! Oleh sebab itu, persiapan dan keputusan yang matang sangat dibutuhkan, mengingat situasi lalu lintas sepanjang perjalanan akan sangat berbeda dibanding berkendara di hari biasa. Apabila Anda belum terbilang mahir di balik kemudi, jangan putuskan untuk membawa kendaraan hanya sendirian.

2. Mulai kini, lakukan olahraga kecil rutin setiap hari

Stamina tak lepas dari kebugaran. Ada baiknya, mulai kini lakukan olahraga kecil rutin sebelum waktu mudik akhirnya tiba. Dengan demikian, kondisi fisik Anda telah siap dan tak kaget kala terjebak kemacetan yang menguras tenaga.

3. Istirahat cukup

Konsentrasi terkait dengan istirahat yang cukup. Fokus yang baik akan didapat dari konsentrasi yang terjaga. Pastikan mulai saat ini Anda memiliki jam istirahat yang cukup dan teratur. Andai dalam perjalanan nanti Anda pun terserang kantuk, jangan segan untuk berhenti dan menepi sejenak. Tak perlu terbawa perasaan ingin cepat sampai. 

4. Jangan konsumsi obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan bukanlah cara yang aman untuk tetap fit. Perbanyaklah makanan yang bergizi dan buah-buahan. Kesehatan yang terjaga hingga hari mudik merupakan syarat mutlak mudik yang aman.

5. Disarankan ada pengemudi pengganti

Perjalanan ke kampung halaman identik dengan waktu panjang dan situasi tak terduga. Untuk keselamatan, ada baiknya dalam satu kendaraan terdapat pengemudi pengganti. Tentunya, pengemudi pengganti tersebut haruslah dalam kondisi yang sama fitnya. 

Nah, setelah memperhatikan beberapa aspek di atas, semoga perjalanan mudik Anda berlangsung dengan aman dan nyaman. Simak terus aneka tips mudik berkendara di kanal otomotif Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini