Sukses

Pertamina Bagikan Mobil Listrik ke Sejumlah Universitas Negeri

Penyerahan mobil listrik ini menjadi bentuk partisipasi perseroan plat merah tersebut dalam pengembangan Molina.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina menunjukkan dukungan mereka terhadap pengembangan mobil listrik nasional (Molina). Hal ini ditandai dengan realisasi pemberian satu unit Electric Executive Luxury Car kepada Universitas Brawijaya (Unibraw), Surabaya, Jawa Timur.

Sumbangan  ke Unibraw ini merupakan satu dari enam mobil listrik yang rencananya bakal disebar Pertamina ke enam perguruan tinggi terpilih. Perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Riau, Istitut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Demikian keterangan yang diterima Liputan6.com, Minggu (20/7/2014).

Direktur Umum Pertamina, Luhur Budi Djatmiko menuturkan, penyerahan enam unit mobil listrik ke sejumlah perguruan tinggi ini menjadi wujud nyata dan dukungan mereka untuk pengembangan Molina.

"Pertamina sangat mendukung program pemerintah, dalam hal ini Kementerian BUMN. Hal ini menjadi upaya pengembangan kapasitas dan kemampuan nasional untuk memproduksi alat transportasi yang ramah lingkungan, sehingga tak hanya bergantung pada energi fosil yang tak terbarukan," katanya.

Pemilihan enam perguruan tinggi sebagai penerima satu unit mobil listrik, jelas Luhur, karena mereka telah memiliki program terkait pengembangan mobil listrik. Dia berharap, sumbangan ini mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh masing-masing penerima dalam meakukan peneilitian dan pengembangan lebih lanjut.

Untuk diketahui, Pertamina melalui PT Pratama Mitra Sejati telah bekerjasama dengan PT Sarimas Ahmadi Pratama sebagai vendor pelaksana pembuatan mobil listrik yang direkomendasikan oleh Kementerian BUMN. Sebelumnya, keenam mobil yang disumbangkan pernah dipamerkan dalam ajang internasional KTT APEC 2013 di Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.