Sukses

Airbag Bermasalah, Giliran Mitsubishi Tarik Lancer

Akibat airbag bermasalah dari Takata, dalam lima tahun terakhir tercatat total 12 juta mobil harus ditarik.

Liputan6.com, Detroit - Mitsubishi menambah panjang daftar pabrikan otomotif yang mengeluarkan kebijakan penarikan (recall). Penyebabnya tak lain adalah masih seputar komponen airbag bermasalah yang disuplai oleh Takata. Kini, giliran Lancer yang ditarik di Hawaii, Puerto Rico dan Pulau Virginia.

Dilansir dari Reuters, Selasa (21/7/2014), Mitsubishi menjadi satu dari sembilan pabrikan yang turut mengeluarkan kebijakan recall terkait airbag Takata. Adapun, model yang terkena dampak kali ini adalah Lancer lansiran 2004 hingga 2005.

"Masalah ada di airbag pada sisi penumpang. Inflator pecah dan berpotensi memuntahkan material logam yang dapat melukai penumpang," terang badan nasional AS, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dalam keterangan resminya.

Dalam lima tahun terakhir, sekitar 12 juta mobil di dunia telah ditarik karena masalah airbag atau inflator yang disuplai Takata. Perusahaan asal Jepang itu pun dikatakan mengalami kerugian sebesar US$ 440 juta akibat masalah tersebut.

Mitsubishi sendiri sejauh ini dikatakan belum menemukan laporan adanya korban terkait hal tersebut. Namun, buntutnya, airbag pada sedan Lancer di sejumlah negara harus diganti. Selain empat wilayah tersebut, Mitsubishi juga akan memperluas penarikan kendaraan mereka di wilayah lain yang masih bersebrangan dengan AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.