Sukses

Presiden Baru Diminta Lebih Peduli Industri Otomotif

Pihak yang memperoleh mandat dari rakyat tidak terlalu berlebihan menyikapi hasil pemilu.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku industri berharap penetapan presiden terpilih berlangsung dengan aman dan damai. Ketua II Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Yohannes Nangoi meminta agar presiden baru memiliki kepedulian lebih terhadap industri roda empat.

"Saya berharap pengumuman bisa dilakukan secara lancar dan seadil-adilnya," ucap Yohannes saat berbicang dengan Liputan6.com melalui sambungan telefon, Selasa (22/7/2014).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) itu juga meminta, pihak yang memperoleh mandat dari rakyat tidak terlalu berlebihan menyikapi hasil pemilu. Dan untuk yang kalah, katanya, bisa menerima dengan lapang dada.

Menyinggung soal dukungan pemerintah baru terhadap industri otomotif, Yohannes berharap, presiden baru memiliki perhatian yang lebih terutama untuk masalah infrastruktur dan regulasi-regulasi yang mementingkan industri.

"Misalnya soal infrastruktur, kami ingin melakukan ekspor dan impor. Tapi pelabuhan memiliki kapasitas yang kurang memadai dan sekarang ini kondisinya sangat padat," ungkap Yohannes.

"Untuk produksi, kami diharuskan untuk tidak hanya mengandalkan supplier dari Jakarta saja. Tapi nyatanya, kondisi jalanan yang macet membuat cost-nya ikut meningkat," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini