Sukses

Anda Mudik Naik Motor? Perhatikan Sikap Berkendara Berikut

Agar aman dan nyaman selama di atas roda dua, sikap berkendara yang baik mutlak diperlukan.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menyambangi kampung halaman, sepeda motor masih menjadi moda transportasi favorit bagi sebagian pemudik. Pastinya, semua ingin aman dan nyaman selama di perjalanan. Oleh sebab itu, ada baiknya aspek keselamatan berikut turut diperhatikan.

Selain kondisi sepeda motor yang prima, sikap berkendara juga menjadi aspek yang patut diperhatikan. Mengutip laman Ikatan Motor Indonesia (IMI), Selasa (22/7/2014) berikut beberapa sikap berkendara yang perlu diperhatikan.

Pertama, posisi duduk di atas sepeda motor. Badan harus lurus, pandangan ke depan serta rapatkan lutut. Jangan lupa biarkan tangan, kaki, dan punggung dalam kondisi rileks.

Kedua, jangan mengangkat kaki dan menumpangkannya ke tempat lain dengan alasan apa pun. Sebab, perilaku ini akan menyulitkan Anda ketika harus melakukan tindakan-tindakan cepat menghindari kecelakaan.

Sesekali, lakukan pengereman agar kaki atau tangan tetap siaga apabila melakukan pengereman saat kondisi mendesak.

Terakhir, janganlah membonceng lebih dari satu orang dan membawa barang berukuran terlalu besar, walaupun berbobot ringan. Sepeda motor dirancang untuk ditunggangi dua orang dan tidak memiliki fungsi sebagai alat angkut.

Gunakan sepeda motor sesuai dengan peruntukan. Melanggar penggunaan yang semestinya akan menimbulkan kerugian pada diri sendiri dan pengendara lain. Pastinya, selain membahayakan keselamatan jiwa, kendaraan akan cepat rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.