Sukses

Waspada, Memilih Kendaraan yang Pas untuk Anak

Memilih kendaraan untuk anak, para orang tua sebaiknya menghindari mobil bermesin besar dan dimensi lebar.

Liputan6.com, California - Rasa sayang pada anak tak jarang justru menyebabkan orang tua gelap mata. Di balik materi yang berkecukupan, beberapa orang tua sanggup untuk menghadiahi anaknya sebuah kendaraan roda empat. Nah, bagaimana kiat yang tepat untuk memilih kendaraan pertama bagi sang buah hati? 

Temuan berikut cukup menarik untuk disimak. Hasil studi yang dilakukan oleh organisasi non-profit, Insurance Institute for Highway Safety, pengemudi remaja dikatakan lebih rentan mengalami kecelakaan. Pasalnya, mobil yang digunakan dinilai kurang pas dengan jiwa mereka yang tengah beranjak dewasa. Demikian dilansir dari Inautonews, Selasa (22/7/2014).

"Mobil pertama para remaja sebaiknya tak hanya dipilih berdasarkan kecukupan finansial," ujar Adrian Lund, Presiden dari Insurance Institute for Highway Safety. 

Untuk memudahkan para orang tua memilih mobil pertama bagi anak remajanya, organisasi keselamatan tersebut turut merilis daftar mobil bekas yang dibanderol mulai dari US$ 5 ribu hingga US$ 20 ribu.

"Daftar tersebut bisa menjadi bahan rujukan bagi para orang tua dalam membeli mobil bekas. Tentu yang tetap dilengkapi fitur keselamatan dan juga terjangkau," imbuh dia.

Di samping daftar rujukan tersebut, survei juga menemukan banyak mobil yang dibelikan orang tua tak sesuai dengan kebutuhan sang anak. Dengan kata lain, orang tua salah memilih mobil yang tepat untuk sang anak.

Sementara itu, para orang tua diimbau untuk memberikan mobil berkapsitas mesin besar untuk anak mereka. Hal serupa juga berlaku untuk mobil berdimensi besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini