Sukses

Canggih, Jip Militer AS Bisa Bertempur Sendiri

Teknologi otonomus yang disematkan pada Jip militer ini tengah diujicobakan dalam latihan tempur.

Liputan6.com, California - Bukan hanya untuk produksi komersial, mobil self-driving nyatanya turut masuk divisi tempur. Di Amerika Serikat (AS), jajaran militer Paman Sam tengah mengembangkan mobil tanpa sopir atau self-driving.

Ya, mobil ini bernama Ground Unmanned Support Surrogate (GUSS). Berkat penyematan beberapa sensor, kendaraan pendukung yang mulai dioperasikan Angkatan Laut AS itu bisa berjalan sendiri. 

Dilansir dari Carbuzz, Kamis (24/7/2014), marinir AS saat ini tengah menyempurnakan pengujian teknologi mereka yang diaplikasikan di medan tempur.

Saat ini, teknologi mobil tanpa sopir telah disematkan pada sebuah mobil ala jip. Kendaraan purwarupa ini sendiri telah beberapa kali digunakan dalam latihan tempur sungguhan.

Berdasarkan video yang diunggah ke YouTube, mobil jip itu bahkan tak kesulitan melintas di medan rerumputan. Canggihnya, roda empat tersebut mampu turut menghindari lokasi pasukan musuh yang tersebar di beberapa titik jalan.

Militer AS berharap, penerapan teknologi ini mampu meminimalisir risiko korban jiwa ketika perang berlangsung. Diharapkan, teknologi self-driving bisa benar-benar total diaplikasikan dalam kendaraan perang dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini