Sukses

Stop CVT, Mobil Garapan Audi Bakal Bertransmisi DSG

Transmisi otomatis CVT dikeluhkan banyak menghadirkan pengalaman tak menyenangkan saat berkendara.

Liputan6.com, Ingolstadt - Audi berencana untuk menghentikan penggunaan transmisi otomatis Multitronic mereka saat ini. Insinyur senior Audi mengonfirmasi jika pabrikan berlogo empat cincin ini akan beralih pada transmisi baru tujuh percepatan.

Melansir laman Carscoops, Kamis (24/7/2014) transmisi Multitronic atau yang lazim dikenal dengan transmisi otomatis CVT saat ini banyak digunakan Audi di beberapa model mereka, antara lain A4, A5, A6, serta A7. Kabarnya, transmisi otomatis tersebut banyak dikeluhkan konsumen saat berkendara.

"Transmisi tersebut tak lagi dikembangkan. Tujuannya untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik oleh transmisi baru," ujar Ralph Riegger, Insinyur Senior Audi.

Ketidaknyamanan tersebut kabarnya sempat digugat oleh konsumen di Amerika Serikat. Alhasil, Audi pun harus membenahi sistem transmisi dari 64 ribu mobil yang menggunakan transmisi otomatis CVT.

Transmisi baru tujuh percepatan dual-clutch yang sedang dikembangkan para insinyur Audi merupakan evolusi dari transmisi DSG 7 percepatan. Sebelumnya, tranmisi DSG tersebut banyak digunakan di kendaraan produksi VW Grup.

Pihak Audi berujar jika transmisi dual-clutch tersebut akan digunakan pertama kali pada model A4 terbaru. Sedan midsize ini sendiri rencananya akan dirilis pada paruh kedua tahun 2015 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini