Sukses

Mobil Konvertibel Dipercaya Mewakili Status Sosial Tinggi

Liputan6.com, California - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Experian Automotive mengungkap, mayoritas pembeli mobil dengan atap terbuka (konvertibel) ternyata berpendidikan tinggi. Tak hanya itu, mereka juga diketahui lebih mapan dari segi finansial dibanding pembeli mobil berjenis lain.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat (AS) ini menunjukkan, mayoritas pembeli mobil tanpa atap di Amerika Serikat (AS) merupakan konsumen yang tinggal di daerah prestise, seperti California, Texas dan Florida. Demikian disitat dari Inautonews, Rabu (30/7/2014).

"Persepsi lama masih menunjukkan bahwa pemilik mobil tanpa atap tinggal di daerah bergengsi yang umumnya bercuaca cerah di wilayah pesisir," jelas Brad Smith, Direktur Experian Automotive.

Lebih jauh, Smith menuturkan, pembeli mobil tanpa atap terbuka atau konvertibel cenderung memiliki kekayaan yang lebih besar dibandingkan dengan pembeli mobil berjenis lain. 

"Ini merupakan jawaban mengapa para pabrikan ternama selalu menyediakan varian atap terbuka dari lini produksi mobil mereka," imbuh dia.

Mengutip hasil penelitian tersebut, Smith turut menguraikan, sebesar 50 persen pembeli mobil tanpa atap diketahui memiliki gelar sarjana, sementara pemilik mobil biasa hanya sebesar 38,9 persen yang menyandang gelar strata tersebut.

Tak hanya itu, ia juga menyebutkan, satu dari lima pembeli mobil konvertibel memiliki pendapatan yang melebihi US$ 175 ribu per tahun, sementara 11,7 persen di antaranya memiliki rumah seharga US$ 1 juta.

Di Indonesia sendiri, fenomena serupa bukan tak mungkin turut terjadi. Salah satu distributor mobil impor asal Italia, Abarth, cukup kaget melihat penjualan mobil konvertibel mereka justru lebih diminati dibanding mobil non-konvertibel.

"Penjualan semester pertama kami di 2014 cukup mengejutkan. Varian mobil konvertibel di luar dugaan menjadi penyumbang terbesar angka penjualan kami. Pembelinya punya ciri khas sama, yaitu golongan papan atas," ujar Viyata Devi, CEO dari PT Genta Surya Otomotif, importir mobil Arbath di Indonesia kepada Liputan6.com pada Rabu (23/7/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini