Sukses

Melongok Mobil yang Diklaim Teraman di Dunia

Volvo memperkenalkan sebuah model All-New XC90 yang diklaim bakal menjadi mobil paling aman di dunia.

Liputan6.com, Goteborg - Pada kendaraan modern, aspek keselamatan tentu menjadi salah satu pertimbangan utama. Wajar saja, pabrikan ternama seperti Volvo tak henti-hentinya melakukan penelitian guna terus menghadirkan kendaraan yang semakin aman.

Belum lama ini, Volvo memperkenalkan sebuah model All-new XC90 dengan sederet fitur keselamatan. Model ini bahkan diklaim siap menjadi mobil paling aman di dunia. Demikian dilansir dari Worldcarfans, Kamis (24/7/2014).

Pabrikan mobil asal Swedia itu mengklaim, sederet teknologi keselamatan telah disematkan, termasuk teknologi yang secara otomatis siap mendeteksi insiden. Teknologi otomatis ini akan mengencangkan sabuk pengaman depan untuk mengunci posisi penumpang andai terjadi pengereman mendadak. Sistem itu juga dikombinasikan dengan fitur Safe Positioning yang mampu menyerap energi dari benturan ke kursi untuk mengurai potensi cedera.

Tak cuma itu, All-new XC90 juga diboyong dengan sistem Lane Keeping Aid yang mampu memberikan torsi tambahan pada kemudi andai mobil keluar jalur. Ada pun, Driver Alert Control akan mendeteksi dan melepas peringatan ketika pengemudi dalam keadaan mengantuk. Sedangkan fitur Rest Stop Guidance senantiasa siap memberikan informasi lokasi istirahat terdekat.

All-new Volvo XC90 turut dibekali dengan fungi pengereman otomatis. Sistem ini akan bekerja secara aktif ketika ada mobil yang melaju di depan secara tiba-tiba. Sistem ini diharapkan mampu mendeteksi potensi dan dampak kecelakaan.

Tak hanya sederet fitur keselamatan, All-new XC90 turut memiliki sebuah sistem yang memudahkan pengemudi berkendara di jalanan padat. Sistem ini akan secara otomatis menyesuaikan laju kendaraan dan rem. Selanjutnya, sistem akan mengarahkan mobil sesuai dengan laju kendaraan di depan. 

Tak hanya mampu membaca dan mendeteksi adanya mobil lain, City Safety System di mobil ini mampu mendeteksi hadirnya pengendara sepeda atau pejalan kaki.

Adapun, Volvo berencana menetaskan All-new XC90 pada 2016 mendatang. Sayangnya, pabrikan belum mau berbicara soal spesifikasi mesin dan harga dari mobil super aman tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini