Sukses

Siap-siap! Avanza dan Xenia Diprediksi Bakal Diskon

Kehadiran Honda Mobilio di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) nyatanya mampu mengusik Avanza dan Xenia.

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Honda Mobilio di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) nyatanya mampu mengusik penguasa lama di segmen tersebut, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Sepanjang tahun ini, PT Honda Prosepect Motor (HPM) berhasil menjual sebanyak 46 ribu Mobilio.

Tak pelak, angka tersebut berhasil mengkerek naik pangsa pasar HPM di dalam negeri menjadi 12,9 persen pada semester pertama 2014 dari 8,2 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Memang, jika dibandingkan dengan penjualan Avanza secara wholesale, penjualan Mobilio masih terpaut jauh. Mobil keluarga besutan Toyota itu masih kokoh dengan angka penjualan sebesar 89 ribu, sementara Xenia 23 ribu.

Namun, mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pangsa pasar Toyota harus terkoreksi dari 35,7 persen dari semester I tahun lalu menjadi 34,9 persen pada tahun ini.

Melihat turunnya pasar Toyota di Tanah Air, pabrikan yang bermitra dengan Astra Internasional itu tak tinggal diam. PT Toyota-Astra Motor (TAM) dipercaya akan menggelar diskon harga yang cukup menarik untuk sejumlah model.

"Untuk mempertahankan pangsa pasar dalam 12-18 bulan ke depan, Astra International kemungkinan akan memberikan diskon yang menarik kepada pelanggan," ujar Fredrick Tanggela, seorang analis dari Trimegah Securities, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (25/7/2014).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini