Sukses

Demi Sejarah, Jaguar-Land Rover Borong 543 Unit Mobil Antik

Awalnya, JLR sempat kesulitan karena beberapa kali harus meminjam koleksi mobil klasik untuk kepentingan perusahaan.

Liputan6.com, London - Pabrikan kendaraan Jaguar-Land Rover (JLR) diketahui baru saja memborong 543 mobil antik sekaligus. Apa gerangan? Rupanya, aksi tersebut dilakukan pabrikan Inggris itu guna upaya melestarikan koleksi mobil klasik mereka.

Adalah James Hull, kolektor ratusan mobil antik buatan Inggris yang dibeli balik oleh JLR. Koleksinya termasuk 100 unit Jaguar seperti SS100, XK120, MK X yang pernah dimiliki oleh Sir William Lyons, dan masih banyak lagi, seperti dilansir dari laman resmi Jaguar, Sabtu (26/7/2014).

"Kami sangat senang bahwa JLR telah mencapai kesepakatan dengan James Hull untuk tetap melestarikan koleksi penting Jaguar dan mobil buatan Inggris lainnya," ujar John Edwards, Managing Director of Special Vehicle Operations JLR.

"Akuisisi" yang dilakukan JLR ini rupanya merupakan bagian dari komitmen mereka untuk melindungi dan memelihara warisan dari kedua merek Inggris tersebut. Nantinya, pihak Jaguar juga dapat memanfaatkan koleksi tersebut untuk kepentingan lain, seperti pemasaran.

Sebelumnya, pihak JLR memang sempat direpotkan karena beberapa kali harus meminjam koleksi mobil klasik untuk beberapa kegiatan mereka, seperti Mille Miglia dan pemasaran produk di China. Lewat pembelian ini, pabrikan dipastikan tak akan lagi kesulitan untuk mencari pinjaman koleksi mobil besutan mereka di masa depan.

Lewat program Jaguar Heritage, mobil-mobil klasik tersebut akan digunakan sebagai contoh restorasi. Terutama bagi para pemilik mobil tua Jaguar yang ingin meremajakan mobilnya.

JLR turut berencana untuk membangkitkan kembali beberapa mobil klasik yang pernah berjaya di masanya. Dikatakan, hal ini didorong oleh tingginya permintaan mobil klasik yang di luar dugaan terus meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini