Sukses

Dianggap Suci, di Kota Ini Rusa Wajib Didahulukan

Liputan6.com, Nara - Walaupun namanya jaman modern, masyarakat di beberapa negara masih percaya dengan kultus hewan tertentu yang dianggap suci. Jangankan mengusir, mengusik kehadiran kumpulan hewan tersebut pun dianggap tabu.

Jepang menjadi salah satu negara modern yang  masih mengkultuskan hewan. Di negeri matahari terbit tersebut terdapat satu kota bernama Nara dimana rusa tutul menjadi raja jalanan.

Menurut legenda setempat, dahulu kala, dewa bernama Takemikazuchi datang ke kota tersebut dengan menunggangi seekor rusa putih. Akibatnya, hewan tersebut dianggap sebagai hewan suci. Kini, kendaraan besi pun harus tunduk kala sang rusa tutul melintas, seperti dilansir dari Autoevolution, Sabtu (26/7/2014).

Sebelumnya, pada tahun 1880 silam telah dibangun sebuah taman seluas 600 hektar khusus untuk tempat tinggal sejumlah 1.200 rusa. Namun karena dianggap sebagai hewan suci, apa daya, kawanan rusa tutul itu dibiarkan saja kala turut berkeliaran di tengah kota. Termasuk ketika turut menyeberang jalan diantara mobil kei dan kendaraan listrik.

Masyarakat pun kabarnya sudah terbiasa dan tak asing lagi dengan kehadiran hewan-hewan tersebut diantara mereka. Meskipun terkadang hewan-hewan tersebut menjadi biang kemacetan jalan akibat turut melintas di jalanan.

Bagi turis dan pendatang baru di kota tersebut, hal itu menjadi pemandangan unik yang belum pernah mereka jumpai sebelumnya. Rambu-rambu peringatan pun didirikan jika di kawasan tersebut kerap ada rusa yang wajib didahulukan kala menyeberang jalan.

Berikut ini adalah video kondisi jalanan di kota Nara yang dipenuhi kawanan rusa tutul:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini